28 C
Manado
Sabtu, 5 Desember 2020

Pjs Fatoni: Protokol Harus Beretika

MANADOPOST.ID—Ketua Umum Forum Protokol Indonesia Agus Fatoni yang juga Pjs Gubernur Sulut menjadi pembicara pada kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Kualitas Pelayanan Pimpinan 2020 di Kota Manado, Kamis (19/11).

Kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Gorontalo ini diikuti oleh para sopir pimpinan dan pelayan di rumah dinas di lingkup Pemprov Gorontalo.

Dalam kesempatan tersebut, Fatoni menilai pentingnya keprotokolan sehingga harus dipahami oleh semua pihak terkait. “Karena protokol ini bukan hanya pengetahuan yang harus dimiliki oleh petugas yang bertugas saja tetapi harus semua,” kata Fatoni.

Dia juga menjelaskan protokol memiliki hubungan dengan etika, sehingga menurutnya jika seseorang tidak memiliki etika maka tidak akan sukses melaksanakan tugasnya. “Sebenarnya protokol itu adalah etika, orang yang tahu protokol adalah orang yang beretika, yang tidak tahu protokol tidak tahu etika, yang tidak tahu etika maka ia tidak sukses,” bebernya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Fatoni menjelaskan ada dua tujuan dari protokol. “Protokol adalah penghormatan dan perlakuan terhadap seseorang sesuai dengan kedudukan dalam negara, pemerintah atau dimasyarakat serta penghormatan dan perlakuan kepada lambang negara,” jelasnya.

Di samping itu, ia menerangkan bahwa dalam penerapan protokol di suatu daerah tidak ada orang yang sama posisinya dan juga dalam bidang protokol, seorang protokol harus tahu organisasi.

Lebih dalam lagi, Fatoni melihat seorang protokol harus memiliki kapasitas yang baik dalam menjalankan tugas yang diberikan.

“Seorang protokol pasti dia cepat tangkap kemudian responsif, antisipatif, inovatif, bisa menempatkan diri dan memiliki intuisi,” kuncinya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Perhubungan Pemprov Gorontalo M Jamal Nganro, Widyaiswara Madya Badan Diklat Pemprov Gorontalo dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Pemprov Sulut Dantje Lantang.(cw-01/gel)

-

Artikel Terbaru

Para Pelaku Pariwisata Berharap Pada Vaksin

MANADOPOST.ID- Kehadiran vaksin menjadi penting ketika angka positif COVID-19 menunjukkan penambahan kasus setiap hari. Angka-angka kasus positif yang terus bertambah ini tidak hanya terjadi di Indonesia

50 Persen ASN Mitra WFH

MANADOPOST.ID—Mulai pekan depan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Minahasa Tenggara (Mitra), akan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hal ini dikatakan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) David Lalandos, Jumat (4/12).

Oknum Hukumtua Segera Ditahan Kejaksaan

MANADOPOST.ID—Oknum Hukum tua (Kumtua) Desa Malenos Baru, berinisial ST alias Sjeny dalam waktu dekat dipastikan ditahan dalam kasus dugaan penyalahgunaan Dana desa (Dandes).

Bertarung Nyawa, 40 Menit GSVL Dihantam Gelombang

MANADOPOST.ID-Cuaca buruk yang disertai dengan angin kencang dan gelombang tinggi selang 2 hari berturut-turut di kota Manado

DPR RI: Tarif Tol Manado-Bitung Mahal

MANADOPOST.ID—Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) melaksanakan agenda rutin tahunan dengan mengunjungi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (4/12).