27C
Manado
Rabu, 14 April 2021

TPA Ilo-ilo Diproyeksi Lokasi Wisata

MANADOPOST.ID—Megaproyek TPA Ilo-ilo di Minahasa Utara sedang berjalan. Ketua Komisi III DPRD Sulut Berty Kapojos menuturkan jika tugas pengawasan terus dilakukan. Apalagi di megaproyek TPA Ilo-ilo.

“Ini infrastruktur yang sangat dinanti masyarakat. Kami sebagai lembaga perwakilan rakyat akan melaksanakan tugas mengawasi dan mendesak proyek ini berjalan sesuai rencana,” kata Kapojos.

Menurutnya TPA Ilo-ilo sangat penting dalam mengatasi masalah darurat sampah. Di Manado, Bitung, Minut, bahkan Minahasa.

“Saat ini sedang dilakukan pengerjaan oleh pihak ketiga yang anggarannya mencapai 128 miliar. Mereka melaksanakan penataan. Diperkirakan tuntas tahun ini,” sebut legislator yang pernah duduk di kursi Ketua DPRD Minut ini.

Dia menambahkan, proyek TPA Ilo-ilo akan dilanjutkan dengan pengadaan fasilitas penunjang pengelolaan sampah modern. “Investor akan hadir di tengah-tengah TPA, sehingga lokasi ini bukan hanya tempat pembuangan seperti di TPA Sumompo. Tapi akan diolah,” sebutnya.

Sampah yang ditampung di TPA Ilo-ilo, menurut Kapojos akan dipilah profesional. “Nantinya TPA tak bau. Bahkan diproyeksikan menjadi lokasi wisata,” tukasnya.

Sekarang ini, dari pengawasan Komisi III, pembangunan telah menyentuh angka 20 persen. “Kita akan kawal agar bisa selesai tepat waktu,” pungkas Kapojos.(gel)

Artikel Terbaru