23C
Manado
Minggu, 11 April 2021

JAK Desak Kaji Pinjaman PEN Tahap 2

MANADOPOST.ID—Pemprov Sulut dikabarkan akan kembali mengajukan pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Hal ini menuai komentar politikus Partai Golkar James Arthur Kojongian (JAK).

“Proses pinjaman dana PEN tahap 2 Pemprov Sulut yang diwacanakan 400 miliar, harus ditinjau kembali. Apakah sudah sesuai aturan dan kondisi keuangan daerah Sulut,” kata JAK.

Dia meminta pemerintah mempertimbangkan sejumlah faktor sebelum mengajukan pinjaman PEN. Menurutnya, pemerintah harus bisa memastikan kondisi keuangan daerah, apakah bisa mengembalikan pinjaman tersebut di periode pemerintahan saat ini yang hanya sampai tahun 2024.

“Jangan sampai ini menjadi beban daerah yang utang atau dosa bersama di kemudian hari,” tukasnya. JAK juga meminta Pemprov melihat aturan serta mengkaji postur APBD yang akan dibebani pengembalian pinjaman selama 3,5 tahun. “Apakah sesuai atau tidak dengan regulai atau aturan yang ada,” tambahnya.

Legislator DPRD Sulut dari dapil Minsel-Mitra ini juga menyinggung aturan pinjaman PEN. Terkait kriteria daerah yang bisa mengajukan pinjaman PEN. Di antaranya memiliki ratio kemampuan keuangan daerah untuk mengembalikan pinjaman paling sedikit 2,5.

“Lembaga DPRD provinsi dalam kapasitas fungsi penganggaran terlebih Badan Anggara harus melihat proses ini serta perlu melalui tahapan pembahasan bersama,” tandas Ketua Harian Golkar Sulut ini.(gel)

Artikel Terbaru