32 C
Manado
Sabtu, 31 Oktober 2020

OD Siapkan Lahan Pemakaman Jenazah Covid-19

MANADOPOST.ID–Polemik penolakan pemakaman jenasah pasien Covid-19, diberbagai daerah mulai marak terjadi. Hal itu membuat pemerintah, mencari solusi agar penolakan pemakaman jenazah pasien Covid-19, di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tidak terjadi.

Kamis (23/4) kemarin, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, kembali melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat terkait polemik pemakaman jenazah pasien Covid-19 yang sering mendapatkan penolakan warga.

Saat diwawancarai, OD mengatakan, pihaknya akan menyiapkan lahan pemakaman khusus jenazah pasien Covid-19 untuk mencegah terulangnya kembali insiden penolakan jenazah seperti yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

“Menyangkut pemakaman pasien dalam perawatan seringkali mendapat penolakan dari masyarakat. Sementara ini Pemprov sedang berkoordinasi untuk menyiapkan lahan sebesar 5 hektar untuk persiapan agar supaya tidak ada penolakan dari masyarakat. Itu kita akan menjadi tempat pemakaman orang yang terdampak maupun pasien dalam perawatan. Kita koordinasi mudah-mudahan tidak ada penolakan untuk kita membuat tempat pemakaman,” beber OD.

Selain menyiapkan lahan pemakaman, OD juga menerangkan bahwa gugus tugas Covid-19 Sulut akan menyiapkan peralatan lengkap termasuk eskavator untuk mencegah kerumunan orang yang terlibat dalam pemakaman sesuai physical distancing.

“Kami siapkan dengan perangkat alat-alat yang lengkap termasuk eskavator supaya kita menggali kuburan ini tidak perlu banyak orang. Mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan baik dan tentunya apa yang kita persiapkan ini mudah-mudahan tidak dipakai. Ini hanya bagian dalam upaya mencegah,” terangnya.

Orang nomor satu di Sulut ini juga menyampaikan hal penting lainnya tentang sulitnya mendapatkan reagen yang dipergunakan untuk mengetahui reaksi kimia dan menandakan darah seseorang itu mengandung virus corona, kepada Pemerintah Pusat.

“Kita sudah siapkan laboratorium dan peralatan di rumah sakit umum daerah. Kita sudah beli semua tetapi terkendala susahnya mendapatkan ektraksi reagen dari sana untuk dapat kita beli sehingga belum bisa beroperasi. Selain itu pusat laboratorium Kementerian Kesehatan yang ada di Sulut mudah-mudahan akhir bulan ini bisa beroperasi sehingga kita tidak ada kendala lagi dalam rangka mendapatkan hasil-hasil tes,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BNPB Doni Monardo dalam video conference, mengapresiasi upaya Gubernur OD, dalam menyediakan pemakaman khusus pasien Covid-19. Dirinya juga berjanji akan meneruskan setiap kendala kepada kementerian terkait supaya dapat segera diatasi.

“Terima kasih pak gubernur dan semua jajaran atas upaya dan kerja. Adalah hal yang sangat baik jika pak gubernur memutuskan untuk menyiapkan tempat pemakaman khusus bagi pasien Covid-19,” kuncinya. (ewa/tan)

-

Artikel Terbaru

Bendungan Kuwil Capai 75 Persen, Selesai Pertengahan 2021

MANADOPOST.ID—Salah satu bendungan yang bakal memberikan efek positif masyarakat Sulut khususnya Kota Manado selesai tahun depan.  Hal itu disampaikan Gubernur berstatus cuti Olly Dondokambey, kepada para pakar intelektual Sulut di Hotel Grand Puri Manado.

Wabup Sangihe: Olly-Steven Lanjutkan Periode Kedua

MANADOPOST.ID—Wakil Bupati Kepulauan Sangihe Helmud Hontong menyampaikan dukungan terbuka kepada pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw pada Pilkada 9 Desember 2020.

Kawanua Prediksi Donald Trump Menang Lagi

MANADOPOST.ID—Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS), ikut mendapat perhatian warga Sulawesi Utara (Sulut), yang saat ini bermukim di negeri Paman Sam.

KPK Bisa Ambil Alih Kasus

MANADOPOST.ID—Kasus-kasus yang mandek di lingkungan Polri dan Kejaksaan bisa diambil alih oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia.

Joshua/Vincen Diunggulkan Sabet Juara

MANADOPOST.ID—Siapa berhak menyegel titel juara badminton Manado Post Open 2020? Malam ini, segera terjawab di GOR Betania, Teling Manado. Delapan pasangan kategori A dan B (lihat grafis), bakal bertanding habis-habisan merebut tiket final guna ke podium juara.