31 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

24 Paslon Siap Tempur, Hari Ini Cabut Nomor Urut

MANADOPOST.ID—Sebanyak 24 pasangan calon (Paslon) kepala daerah di 7 kabupaten/kota maupun provinsi, dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU, Rabu (23/9).

Kompetisi perebutan kursi Sulut 1 dipastikan akan diikuti petahana Olly Dondokambey-Steven Kandouw (OD-SK), Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-Sehan), serta Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Runtuwene (VAP-HR).

Hasil penelitian perbaikan persyaratan calon dalam Pilgub Sulut tahun 2020 ini dituangkan dalam berita acara. Yang diteken komisioner KPU Sulut yang dipimpin Ketua Ardiles Mewoh.

Begitu juga di Kota Manado. Empat paslon juga dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU Manado, dalam rapat pleno penetapan paslon. Andrei Angouw-Richard Sualang (AA-RS), Paula JA Runtuwene dan Harley Mangindaan (JPAR-Ai). Kemudian Mor Dominus Bastiaan dan Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) dan Sonya Selviana Kembuan dan Syarifudin Saafa (SSK-SS).

“Bagi empat paslon wali kota dan wakil wali kota yang sudah ditetapkan diharapkan bisa hadir Kamis (24/9) (hari ini) untuk pengambilan nomor urut di kantor KPU dan diharapkan tidak membawa massa,” ujar Ketua KPU Kota Manado Jusuf Wowor.

Di Kota Tomohon tiga paslon juga dinyatakan memenuhi syarat. Yaitu paslon Jilly Gabriella Eman-Virgie Baker (JGE-VB), Caroll Senduk dan Wenny Lumentut (CS-WL), serta, Robert Pelealu-Fransiscus Sello Soekirno (RoSe).

“Dokumen berita acara telah diserahkan KPU Kota Tomohon kepada masing-masing Laison Officer (LO). Dan ketiga bakal pasang calon, kini sudah resmi ditetapkan sebagai paslon yang dinyatakan memenuhi persyaratan calon maupun persyaratan pencalonan,” ujar Lasut.

Sebelumnya, dalam rapat koordinasi Komisioner Divisi Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat Stenly Kowaas menyatakan, pelaksanaan penetapan kali ini disepakati bersama digelar secara video conference.

“KPU hanya menyerahkan dokumen berita acara, hasil penetapan kepada LO paslon yang lolos. Tidak ada seremonial. Pun dengan konferensi pers soal hasil penetapan secara daring via zoom,” terang Kowaas.

Di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), KPU juga menetapkan paslon bupati dan wakil bupati Shintia Gelly Rumumpe-Netty Agnes Pantouw (SGR-NAP), Joune Ganda-Kevin Wiliam Lotulung (JG-KWL), Sompie Singal dan Joppi Lengkong (Sompie-Joppi), sebagai peserta pilkada. “Bakal calon telah memenuhi syarat hingga ditetapkan sebagai calon bupati dan wabup,” ujar Ketua KPU Minut Stella Runtu.

KPU Kabupaten Boltim pun demikian. Tiga paslon yang ditetapkan yaitu pasangan Drs H Suhendro Boroma-Drs Rusdi Gumalangit (SB-RG), Sam Sahrul Mamonto SSos-Oskar Manoppo SE MM (SSM– OPPO), dan Amalia Landjar SKM-Uyun Kunaefi Pangalima (AMA–UKP).

Ketua KPU Boltim Jamal Rahman mengatakan, dalam kepatuhan terhadap penerapan protokol kesehatan Covid-19, maka penetapan paslon pilkada Boltim disaksikan semua masyarakat secara online melalui Facebook KPU Boltim.

“Kami telah melakukan penetapan paslon di mana pada Pilkada Boltim terdapat tiga paslon yang akan maju sebagai Bupati dan Wakil Bupati Boltim. Ketiga paslon itu antara lain pasangan SB-RG, SSM-OPPO, dan AMA-UKP. Kami pun telah membacakan SK dan disaksikan oleh masyarakat secara online,” ujar Rahman.

KPU Bolsel menyatakan dua pasang calon memenuhi verifikasi syarat pencalonan. Yakni Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid (BERKAH) serta pasangan Riston Mokoagow dan Selviah van Gobel (RISKI). Dikatakan Ketua KPU Eskolano Kakunsi, keterlambatan penetapan untuk paslon RISKI bukan tanpa sebab.

Mengingat Paslon ini sebelumnya terkonfirmasi terpapar Covid-19 sehingga harus menjalani karantina mandiri. Perubahan jadwal hanya dikhususkan bagi bakal pasangan calon yang positif Covid-19. “Sedangkan yang tidak terjangkit corona, jadwal tetap sesuai dengan aturan yang ada,” ungkap Kakunsi.

Calon Bupati Bolsel Hi Iskandar Kamaru, merasa bersyukur atas dinyatakan sah, sebagai calon bupati. “Terima kasih atas seluruh kader dan simpatisan, serta seluruh masyarakat pesisir Selatan BMR yang telah membantu pihaknya dari tahapan pendaftaran hingga bisa mengikuti pesta demokrasi lima tahunan ini,” beber Kamaru, saat dihubungi Manado Post.

Paslon dari Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban dan Marthin Daniel Tumbelaka (MJL-MDT), Maurits Mantiri-Hengky Honandar (MM-HH), Victorine Lengkong-Gunawan Pontoh, juga dinyatakan KPU memenuhi syarat. Kabupaten Minahasa Selatan juga begitu. Paslon Franky Donni Wongkar dan Petra Yanni Rembang (FDW-PYR), Michaela Elsiana Paruntu-Ventje Tuela (MEP-VT) hingg Royke Sondakh dan Andriy Harits Andre Umboh, juga memenuhi syarat. Diketahui, sesuai jadwal KPU, Rabu (24/9) hari ini, ada pencabutan nomor urut paslon.(tim mp/gnr)

 

-

Artikel Terbaru

Demi Bolsel, Iskandar-Deddy Ubah Lawan Jadi Teman

MANADOPOST.ID—Pesta demokrasi lima tahunan di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) kian menarik saja. Sebab hampir dipastikan seluruh elemen masyarakat pesisir selatan BMR ini, mendukung

Gorango Community Menangkan OD-AA

MANADOPOST.ID—Calon Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) dan calon Wali Kota Manado Andrei Angouw (AA) menghadiri peresmian Rumah Relawan Gorango Community di Paal II Manado.

ODC Perkuat SB-RG di Boltim

MANADOPOST.ID—Kehadiran Olly Dondokambey Center (ODC) di bawah komando Ketum Ferry Wowor di Boltim, menambah kekuatan paslon Drs H Suhendro Boroma MSi-Drs Rusdi Gumalangit (SB-RG).

Money Politics Naik, Modus Sembako Uang Tunai

MANADOPOST.ID—Sejumlah pelanggaran diduga terjadi selama tahapan pilkada, yang saat ini sementara berlangsung di Sulawesi Utara (Sulut). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut membeber, sudah ada aduan masuk dari 15 kabupaten/kota.

Dukung Olly-Steven, Sesepuh Golkar `Reuni` di SaVeRo

MANADOPOST.ID—Pemandangan menarik terlihat di Tondano, Senin (19/10) kemarin. Panji berwarna kuning terlihat menyatu dengan warna merah.