32 C
Manado
Sabtu, 31 Oktober 2020

OD Pilih Baju Adat dari Sangihe di HUT ke-56 Sulut

MANADOPOST.ID—Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berusia 56 tahun, Rabu (23/9). Perayaan digelar sederhana namun penuh kemeriahan dan kental dengan adat dan budaya bumi Nyiur Melambai. Semua peserta HUT baik di lapangan upacara maupun di ruang rapat paripurna memakai pakaian adat. Baik Minahasa, Bolmong Raya, maupun Nusa Utara.

Diawali upacara di kantor gubernur. Di mana Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menjadi inspektur upacara. Olly bersama sang istri tercinta Ketua TP-PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan kompak mengenakan pakaian adat Sangihe, berwarna kuning keemasan.

Bukan tanpa alasan Olly memakai baju adat Sangihe ini. Karena dia dianugerahi gelar adat ‘Pinuaheng Bulaeng Mamenongkati’ yang berarti ‘Cahaya Emas dari Utara’ dari masyarakat Sangihe saat perayaan Tulude di Manado pada tahun 2016 lalu. “Ini baju pemberian Bupati Sangihe pada acara Tulude waktu lalu,” ungkapnya.

Sementara itu dalam upacara amanatnya, Gubernur Olly mengajak masyarakat untuk memaknai peringatan HUT ke-56 Provinsi Sulut di tengah pandemi Covid-19 ini sebagai momentum refleksi terhadap apa yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu.

“HUT provinsi pada tahun ini kita peringati dalam nuansa yang berbeda dan sederhana, karena pandemi Covid-19. Kita rasakan sendiri, jika semarak menyambut dan merayakan HUT provinsi kali ini, tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya. Namun dalam kondisi apapun, selayaknya kita mampu mensyukuri dan memaknai peringatan HUT ke-56 provinsi tercinta kita ini, sebagai momentum refleksi terhadap apa yang telah diperjuangkan oleh founding fathers, para pendahulu kita,” kata Olly.

Olly menuturkan, di usia 56 tahun Provinsi Sulut, spirit persatuan dan kebersamaan masyarakat dalam membangun bangsa dan daerah harus tetap terjaga agar progres pembangunan di Sulut akan semakin baik, yang pada muaranya dapat menjadikan Sulut semakin hebat lagi.

Olly juga menerangkan kemajuan daerah yang mampu tercipta secara signifikan, ditopang oleh geoposisi wilayah Sulut yang berada di bibir pasifik, serta kebijakan strategis pembangunan daerah dan optimalisasi sektor-sektor unggulan Sulut, antara lain seperti pertanian, kelautan, perikanan, kehutanan dan pariwisata.

“Dengan semangat kerja bersama dan  gotong royong kita selama ini, kita berhasil mewujudnyatakan sejumlah program pembangunan, yang pencapaiannya sangat menggembirakan. Indikator makro ekonomi Provinsi Sulawesi Utara senantiasa menunjukan progres positif,” tutup Olly.

Acara dilanjutkan di kantor DPRD Sulut, paripurna HUT yang dipimpin Ketua DPRD Andrei Angouw. Sebelumnya dilakukan peresmian patung Sam Ratulangi serta miniature rumah adat yang mencerminkan etnis Nusa Utara, Bolmong Raya, dan Minahasa. Menariknya paripurna ini dihadiri secara virtual Ketua DPR RI Puan Maharani, yang ikut menyampaikan sambutan. Kegiatan-kegiatan ini tetap menggunakan protokol kesehatan.(cw-01/gel)

-

Artikel Terbaru

Anggaran JKN-KIS Minahasa Digeser Tangani Covid-19

MANADOPOST.ID—Pandemi Covid-19 di Kabupaten Minahasa berdampak pada pergeseran anggaran. Salah satunya pergeseran anggaran yang dilakukan terhadap pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Dua Blade Adu `Jotos` di Tondano

MANADOPOST.ID—Warga masyarakat patut lebih waspada saat berkendara. Pasalnya, kecelakaan lalu lintas bisa saja terjadi akibat kelalaian pengendara.

152 CPNS Bolsel Gagal

MANADOPOST.ID---Usai melalui proses yang panjang,  akhirnya hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)  Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Bolsel diumumkan.

Bendungan Kuwil Capai 75 Persen, Selesai Pertengahan 2021

MANADOPOST.ID—Salah satu bendungan yang bakal memberikan efek positif masyarakat Sulut khususnya Kota Manado selesai tahun depan.  Hal itu disampaikan Gubernur berstatus cuti Olly Dondokambey, kepada para pakar intelektual Sulut di Hotel Grand Puri Manado.

Wabup Sangihe: Olly-Steven Lanjutkan Periode Kedua

MANADOPOST.ID—Wakil Bupati Kepulauan Sangihe Helmud Hontong menyampaikan dukungan terbuka kepada pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw pada Pilkada 9 Desember 2020.