28 C
Manado
Kamis, 3 Desember 2020

Harga Kopra Bergerak Naik, Sentuh 9.600 per Kilogram

MANADOPOST.ID—Kabar gembira bagi masyarakat Sulawesi Utara. Harga komoditi Kopra bergerak naik. Menembus Rp 9.600/Kg, Jumat (23/10).

Kamis (22/10) harga Kopra bertengger di angka Rp 9.500/Kg, akan tetapi Jumat kemarin naik menjadi Rp 9.600/Kg.

Harga komoditi Kopra ini merangsek naik, seiring permintaan pasar terhadap CCO (Crude Coconut Oil). Kadis Perindustrian dan Perdagangan Sulut Edwin Kindangen mengatakan, tren kenaikan harga komoditi kopra diharapkan membaik.

“Harga Kopra akan naik terus. Karena ditentukan pasar. Apalagi permintaan konsumen di pasar terhadap CCO terus bertambah. Ini tren positif bagi komoditi Kopra kita di Sulut,” kata Edwin Kindangen.

Dirinya menjelaskan, naiknya harga komoditi Kopra dari harga Rp9.500/Kg menjadi Rp 9.600/Kg akan membuat para petani Kopra bersemangat, sekaligus menepis pesimistis sejumlah kalangan.

Dia mengatakan, PT Cargill Indonesia yang merupakan eksportir CCO membeli Kopra dengan harga Rp 9.600/Kg. “Harga Kopra di PT Cargill Indonesia, hari ini naik dari Rp 9.500/Kg menjadi Rp 9.600/Kg. Semoga harga ini akan terus naik,” ungkap Kindangen.

Ditambahkan Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Ronny Erungan, pemerintah terus berupaya mendorong harga komoditi unggulan agar terus naik.

“Kami harap para petani di Sulut terus semangat dalam menjalani profesinya. Harga kopra sebagai komoditi andalan Sulut akan terus naik seiring program pemerintah yang bertujuan mensejahterakan masayarakat,” jelas dia.

Erungan menyebut, kedepan Sulut akan terus menunjukan tren ekspor. “Sulut bakal menjadi sentra bawang dan rica. Jadi kedepan diremcanakan tidak akan lagi mengimport, tapi kita akan terus melakukan ekspor,” tutupnya.(cw-01/gel)

-

Artikel Terbaru

Kapolda Sulut: Saya Harap Anda Betul-betul Siap!

Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan tugas yang selama ini dilaksanakan oleh personel Polda Sulut dan seluruh jajaran.

Personel Polda Sulut Dibekali Vitamin-APD, Kombes Abast: Upaya Mendukung Suksesnya Pilkada

Menjelang serpas (pergeseran pasukan) pengamanan Pilkada Serentak 2020 ke Polresta dan Polres jajaran, mulai Jum’at (04/12), seluruh personel Polda Sulut yang di-BKO (Bawah Kendali Operasi) mendapatkan bekal APD (Alat Pelindung Diri) serta suplemen multi vitamin.

Kelangkaan LPG Jelang Nataru, ROR: Izin Agen Nakal Dicabut

MANADOPOST.ID--Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, Gas LPG subsidi 3 kilogram sering langkah jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Untuk itu Pemkab Minahasa berupaya melakukan upaya antisipasi menjaga kelangkaan LPG subsidi pemerintah tersebut.

132 CPNS Siap Jalankan Magang

MANADOPOST.ID— Pemerintah Kotamobagu sambut 132 CPNS 2019 yang akan mulai magang di instansi kelulusan mereka.

SNVT Sulut Awasi Program BSPS

MANADOPOST.ID— Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Rumah Swadaya, melalui Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Perumahan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), mengadakan evaluasi akhir pelaksanaan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), belum lama ini.