30C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Pemprov Lakukan Pembersihan Lumpur

MANADOPOST.ID—Kota Manado dan sekitarnya belum lama ini kembali dilanda bencana alam. Sebagian besar wilayah di Kota Manado tergenang air dengan ketinggian bervariasi.

Beberapa perumahan warga, sekolah, dan fasilitas umum digenangi banjir dan kemudian menyisakan lumpur akibat banjir tersebut. Saat ini proses pemulihan kondisi pasca banjir terus dilakukan.

Untuk meringankan beban warga Manado yang menjadi korban banjir, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Steven Kandouw melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) berjibaku membersihkan sisa lumpur di Kelurahan Sario akibat curah hujan tinggi dan meluapnya air sungai. Bahkan personel Satpol-PP Pemprov diturunkan langsung mengatasi dampak banjir tersebut.

“Kami tim Satpol-PP Pemprov Sulut pada bidang trantib dan bidang damkar melaksanakan pembersihan fasilitas umum dan rumah warga dengan membersihkan sisa-sisa lumpur dan mengangkat barang-barang masyarakat yang basah akibat terendam air pasca banjir. Ini kita lakukan untuk membantu warga yang memang saat ini sedang mengalami kesusahan,” kata Kasat Pol PP Farly Kotambunan melalui Kabid Trantib Valentino Sinaga.

Dirinya mengatakan, kegiatan pembersihan tersebut merupakan salah satu langkah untuk mengurangi setiap kesulitan dan permasalahan yang di alami oleh masyarakat terutama ketika terjadinya bencana alam.

“Saat ini air sungai sudah berangsur surut. Namun kepada warga, kita mengingatkan untuk tetap waspada dan selalu berhati-hati di segala kemungkinan terjadi pada saat musim hujan. Dan kita akan melakukan pembersihan lumpur ini juga dibeberapa titik, agar supaya masyarakat lebih terbantukan pasca bencana alam ini,” kuncinya. (ewa/gel)

Artikel Terbaru