28C
Manado
Jumat, 23 April 2021

Wagub: Pejabat Terlibat PETI, WA ke Saya!

MANADOPOST.ID-Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw memastikan bahwa tidak ada pejabat Pemprov Sulut yang ikut terlibat dalam kegiatan pertambangan emas tanpa izin (PETI).

Pasalnya menurut Kandouw, Gubernur Sulut Olly Dondokambey memiliki komitmen untuk menata dengan baik semua pertambangan sehingga tidak ada yang ilegal. “Bagaimana mungkin izin kita cabut, lantas ada pejabat yang coba bermain. Pak gubernur itu sangat konsen akan pertambangan. Bukan dihentikan, tapi akan ditata, agar tidak ada yang ilegal,” imbuhnya.

Namun Kandouw secara tegas meminta bukti jika ada pejabat yang terlibat dalam kegiatan tambang liar. “Kalau ada bukti langsung kirim ke saya. Kirim lewat WhatsApp (WA) saja, langsung saya tindaklanjut. Mau dia punya tambang liar, atau dia membackup tambang tersebut, langsung kita sanksi.

Kita cabut dari jabatan, dan diproses sesuai ketentuan. Kalau ada yang seperti itu, berarti tidak sejalan dengan kita. Sedangkan kita menutup dan menata yang ilegal, bagaimana mungkin pejabat ingin bermain-main. Saya tegas akan hal ini,” katanya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulut Fransiskus Maindoka, juga memastikan tidak ada pejabat di dinasnya yang bermain-main dengan PETI.

“Tidak ada dari dinas kita yang ikut dalam kegiatan PETI. Kalau ada, tolong sampaikan ke saya bukti-buktinya. Yang pasti ada tim terpadu yang tergabung dari semua pihak yang melakukan pengawasan. Jadi kita pastikan informasi-informasi bahwa ada pejabat yang ikut dalam kegiatan tersebut, sangatlah tidak benar,” tutupnya.(ewa/gnr)

Artikel Terbaru