26C
Manado
Minggu, 28 Februari 2021

12 Februari Olly-Steven Dilantik

MANADOPOST.ID—Setelah diplenokan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pekan lalu, DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Senin (25/1) kemarin menggelar paripurna.

Dengan agenda pengumuman usul pengesahan dan pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut periode 2016-2021. Dirangkai dengan pengumuman usul pengesahan dan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut pemilihan 2020 atas nama Olly Dondokambey dan Steven Kandouw.

Dihadiri pimpinan dewan, wakil gubernur terpilih, anggota DPRD, SKPD di lingkup Pemprov Sulut, serta gubernur terpilih yang hadir secara virtual.

Dalam paripurna ini, Ketua DPRD Provinsi Sulut dr Fransiscus Andi Silangen sebagai pimpinan sidang mengatakan, Olly-Steven akan berakhir masa jabatannya 12 Februari 2021.

“Selanjutnya diusulkan pimpinan DPRD pada presiden melalui Menteri Dalam Negeri untuk memperoleh pengesahan pemberhentian sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” kata politkus PDI Perjuangan ini.

Dalam rapat tersebut, mewakili masyarakat Sulut, Silangen berterima kasih pada Olly-Steven yang telah mengabdikan diri serta membangun daerah Sulut, selama lima tahun dengan berbagai keberhasilan.

“Mengakhiri kinerja selama lima tahun ini, Olly-Steven menorehkan kesuksesan. Mengacu visi dan misi Sulut 2016-2021. Salah satu tolak ukur keberhasilan OD-SK, IPM terus mengalami kemajuan hingga proyek berskala nasional dibangun di Sulut,” papar Silangen.

Saat membacakan usulan pengangkatan gubernur dan wakil gubernur, Silangen optimis Olly-Steven akan dilantik presiden sesuai jadwal, yakni 12 Februari 2021. Dia pun menuturkan, usulan pengesahan pemberhentian dan pengangkatan gubernur dan wakil gubernur akan langsung disampaikan ke Menteri Dalam Negeri. “Kita yakin pelantikan akan tepat waktu,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw saat diberi kesempatan membawakan sambutan mengatakan, momentum paripurna ini adalah sukacita semua.

“Tidak hanya saja Olly Dondokambey dan Steven Kandouw yang kembali dipercayakan warga Sulut untuk lanjutkan kepemimpinan 5 tahun mendatang. Saya yakin kita akan jalin energi yang positif, saling topang, bahu membahu, tetap mampu jalankan tugas dengan baik, mampu jawab amanat rakyat dan kinerja yang optimal, serta perubahan signifikan terhadap pembangunan dan kondisi kemasyarakatan di bumi nyiur melambai dalam kerangka jadikan Sulut tambah hebat, semakin maju dan sejahtera,” tutur Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sulut ini.

Dia melanjutkan, jika dihitung hari ini, tinggal 18 hari lagi OD-SK menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut periode 2016-2021. “Dalam kurun waktu hampir 5 tahun ini, kami berupaya wujudkan tekad dan komitmen mewarnai masa kepemimpinan kami dengan kerja keras bagi masyarakat sulut. Dukungan terus kami peroleh dalam memimpin Sulut. Tidak terkecuali dari DPRD Sulut. Sehingga sejumlah strategi yang tertuang dalam RPJMD 2016-2021 bersama sama telah kita laksanakan. Ada menuai capaian prestisius, progress positif dan tidak dipungkiri di dalamnya juga terdapat berbagai dinamika. Banyak hal capaian kami yang saya rasa sudah diketahui semua,” jelasnya.

Lanjutnya, berkat sinergitas, persatuan dan kebersamaan, sehingga boleh menorehkan dan membawa kemajuan daerah ini. Olehnya diharapkan jaringan, sinergitas tetap terjaga dalam pelaksanaan program di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemaslahatan daerah, termasuk dalam penanganan fakir miskin dan anak terlantar. Selain itu sinergitas tetap terjaga dalam upaya pemulihan kondisi daerah dan kondusifitas kehidupan masyarakat dari pandemi covid 19.

“Mari terus satu tekad dan komitmen, jangan menyerah, jangan pernah lelah imbau untuk patuh protap kesehatan. Mari sama-sama tangani dan kendalikan pandemi, pulihkan daerah dari pandemi covid, mewujudkan masyarakat lebih maju dan sejahtera,” tutupnya.(gel)

Artikel Terbaru