26C
Manado
Senin, 19 April 2021

Gubernur `Hadiahi` PR untuk Dikda

MANADOPOST.ID—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) terus menggenjot peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah. Bahkan untuk peningkatan SDM tersebut, Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) memberikan Pekerjaan Rumah (PR) bagi Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut.

PR tersebut adalah mendorong siswa dan siswi untuk masuk dan berkarir dalam setiap sekolah kedinasan. Hal ini ditegaskan langsung Gubernur OD melalui Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Kamis (25/3) kemarin.

Kandouw minta Dikda Sulut melalui cabang dinas di kabupaten/kota, bahkan kepala sekolah, agar mulai melakukan sosialisasi soal sekolah kedinasan milik pemerintah ataupun akademi milik TNI/Polri disetiap sekolah SMA, SMK/sederajat.

“Dikda harus mendrive kepada para kepala sekolah SMA, SMK/Sederajat agar dapat mengarahkan anak-anak kita untuk mendaftar di sekolah kedinasan seperti STAN, Akpol, Akmil, IPDN dan banyak lagi sekolah kedinasan yang sampai bulan depan masih dibuka pendaftaran,” ungkapnya.

Kandouw menuturkan, semisal sekolah kedinasan IPDN, pada tahun-tahun sebelumnya hanya 15 orang yang diterima menjadi Taruna/i. Namun atas pendampingan, maka pada kurun waktu tiga tahun belakangan ini, jumlah calon Taruna/i IPDN asal Sulut, boleh mencapai 50 orang.

“Makanya, sosialisasi ke semua sekolah SMA, SMK/Sederajat. Dan harus dilakukan sehingga ada anak-anak kita bisa dididik di sekolah kedinasan seperti milik Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, Akpol, Akmil dan lainnya. Ini harus segera didorong untuk disosialisasikan,” tegasnya.

Diketahui, formasi tahun 2021 telah dibuka untuk pendaftaran dan seleksi sekolah kedinasan. Setelah pada formasi 2020 pendaftaran dan seleksi sempat ditunda akibat pemerintah menetapkan status tanggap darurat bencana non-alam pandemik Covid-19, pada Maret 2020 silam.

Namun seiring dengan upaya penanganan dan pencegahan bahkan pada tahapan vaksinasi Covid-19, pendaftaran dan seleksi sekolah kedinasan formasi 2021 mulai dibuka kembali.

Adapun Sekolah Kedinasan milik pemerintah diantaranya Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Akademi Militer (AKMIL), Akademi Kepolisian (AKPOL). (ewa/gel)

Artikel Terbaru