27 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

Pelaku perjalanan Harus Di isolasi

MANADOPOST.ID – Banyak pelaku perjalanan yang pulang ke Sulawesi Utara sebelum adanya penutupan penerbangan komersil. Hal ini perlu diwaspadai hingga ke jenjang pemerintahan desa/kelurahan.

Hukumtua dan lurah didesak melapor ke fasilitas Kesehatan atau tenaga Kesehatan terkait keberadaan pelaku perjalanan yang belum melapor. Pakar Pemerintahan Dr Jhony Lengkong mengatakan, antisipasi dari pemerintah harus dilakukan secara intensif.

Menurut Lengkong, semua masyarakat pendatang atau yang baru masuk desa dan kelurahan harus diperiksa secara ketat.”Yang saya ikuti, sudah ada peraturan gubernur yang diterbitkan dalam upaya menyamakan persepsi antara provinsi dan masing-masing kabupaten/kota,” ungkapnya kemarin.

Dengan ditutupnya berbagai aktivitas transportasi, maka tugas pemerintah saat ini adalah lebih fokus ke dalam. Keterlibatan gugus tugas atau tenaga medis, katanya disebar sampai ke desa dan kelurahan.

“Sehingga, protap pencegahan dapat dilakukan dengan maksimal dan terarah. Karena itu menjadi tugas pemerintah saat ini,” tandasnya.

Hal yang sama diungkapkan Pengamat Pemerintahan Sulut Dr Alfon Kimbal MSi. Dia menyebut dengan adanya penutupan akses penerbangan maupun pelayaran dari pemerintah pusat, harus cepat direspons juga oleh Pemerintah Provinsi, dengan menegaskan atau memberikan edaran tekait penegasan terhadap pemerintah kabupaten/kota hingga yang terpenting kepada hukumtua dan lurah.

“Saya lihat memang sudah ada pemberlakuan di kabupaten/kota. Namun di sini kebanyakan masih saja banyak yang terabaikan atau tidak disiplin,” ungkap Kimbal.

Menurutnya, konektivitas antara pemerintah dengan Forkopimda serta Pemerintah dan masyarakat sangat juga diperlukan untuk menghadirkan disiplin.

“Memang masih banyak di beberapa wilayah walaupun acara suka seperti pernikahan dan sebagainya dibatasi, akan tetapi aktivitas berkumpul massa masih terjadi,” cetusnya.

Untuk itu kata Kimbal, kedisiplinan pemerintah kecamatan hingga desa/kelurahan harus diperhatikan. “Memang isolasi dari pemerintah tampaknya belum betul-betul terlaksana. Pelaku perjalanan masih saja bebas melakukan aktivitas. Jadi pemerintah di sini harus ada penegasan. Selain itu masyarakat juga harus timbul rasa kesadaran diri,” ujarnya.  (cw-01/gnr)

-

Artikel Terbaru

Garda Terdepan, Pjs Bupati Apresiasi Kelompok Tani

Pjs Bupati Minut Clay Dondokambey SSTP MAP, mengapresiasi seluruh kelompok tani Minut yang telah berjuang dalam pembangunan pertanian.

Gantikan Situmorang, Moningkey Resmi  Pimpin Polres Minahasa

MANADOPOST.ID--Tongkat kepemimpinan Kepolisian Resort (Polres) Minahasa kembali berpindah. Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor 979/V/2020 tanggal 1 Mei 2020 tentang pemberhentian

Minahasa Masih Aman dari La Nina

MANADOPOST.ID--Cuaca ekstrim terus menerpa wilayah Kabupaten Minahasa. Menurut BMKG, diketahui cuaca ekstrim tersebut terjadi akibat fenomena alam La Nina yang membuat

Relaksasi Pajak Ditolak, Hasrat Punya `Mobil` Murah Buyar

MANADOPOST.ID—Rencana penghapusan pajak mobil baru akibat dampak Coronavirus Disease (Covid-19), buyar. Sempat disambut baik oleh masyarakat Sulut karena berkesempatan membeli mobil murah, nyatanya rencana ini ditolak Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sudah Empat Tenaga Kontrak `Dieksekusi`

MANADOPOST.ID—Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi kembali menunjukkan ketegasannya dengan memberhentikan dua tenaga kontrak yang terbukti tidak netral dalam Pilkada.