28C
Manado
Selasa, 9 Maret 2021

Bapenda Buru Pajak Air Permukaan

MANADOPOST.ID—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) berupaya mencari sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) baru.

Kali ini Pemprov Sulut melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulut, menggali PAD dari sektor pajak air permukaan. Seperti diketahui, pajak air permukaan dapat diartikan sebagai pajak atas pengambilan dan atau pemanfaatan air permukaan.

“Jadi semua air yang terdapat pada permukaan tanah, tidak termasuk air laut, baik yang berada di laut maupun di darat dapat dikategorikan sebagai air permukaan. Dan dalam rangka optimalisasi PAD di masa pandemi Covid-19, kita bersama tim ahli identifikasi pajak air permukaan melakukan inspeksi ke perusahaan pengelola air mineral AKE dan AQUA yang berada di Airmadidi, Minut,” ungkap Kepala Bapenda Sulut Olvie Atteng, Rabu (27/1) kemarin.

Menurut Atteng, kunjungan tersebut untuk mengidentifikasi jenis sumber air, lokasi sumber air, tujuan pengambilan dan atau pemanfaatan air, volume air yang diambil dan atau dimanfaatkan, kualitas air, luas area tempat pengambilan atau pemanfaatan air, tingkat kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh pengambilan atau pemanfaatan air.

“Besar nilai perolehan air permukaan sesuai dengan nilai yang ditetapkan pada peraturan yang berlaku saat ini. Kita akan terus mencari sumber-sumber PAD yang baru untuk kemajuan Sulut,” ungkapnya. (ewa/gel)

Artikel Terbaru