alexametrics
23.4 C
Manado
Selasa, 21 September 2021
spot_img

Apa Itu Kimong? Berpusat di Bolaang Mongondow, Ini Asal Usulnya

MANADOPOST.ID—RPJMD 2021-2026 sedang berproses di DPRD Sulut. Sejumlah program prioritas yang adalah visi dan misi Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw diangkat. Salah satunya Kawasan Industri Bolmong (Kimong).

Kepala Bappeda Jenny Karouw, saat melakukan pembahasan dengan Pansus RPJMD yang dibentuk DPRD Sulut menjelaskan awal ihwal munculnya proyek Kimong. Dia menguraikan, ide awal muncul dari Pemprov Sulut, dalam hal ini Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

“Disampaikan ke pemerintah pusat melalui rapat kerja gubernur se-Indonesia, bersama kepala Bapenas pada Februari 2020. Tujuannya mendapatkan dukungan, bukan pendanaan. Agar ini bisa dimasukkan dalam program strategis nasional. Setelah disetujui di tingkat nasional, daerah bersama Pemprov dan Pemkab bekerjasama menyiapkan dokumen penunjang. Antara lain, memastikan kawasan industri itu masuk dalam RTRW Kabupaten Bolmong,” jelasnya.

Tahun lalu, lanjut Karouw, sudah dilakukan perubahan RTRW. Ditetapkan lokasi Kimong di Kecamatan Lolak, dengan luasan 1.500 ha. “Sudah terjadi dialog dengan calon investor. Informasi, mereka sudah menguasai lahan tersebut,” tukasnya.

Kemudian kabar yang berkembang ada 100 calon investor, Karouw menilai itu persoalan lain. “Paling penting di sini, yang menjadi target Pemprov, 2026 ada kawasan industri yang terbangun di Kabupaten Bolmong. Itu jadi target RPJMD ini,” urainya. Diapun menekankan jika nama Kimong itu murni dirumuskan Pemprov Sulut dalam hal ini Gubernur Olly Dondokambey.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru