27C
Manado
Sabtu, 27 Februari 2021

Ranperda Disabilitas Bisa Lindungi Lansia

MANADOPOST.ID—Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Sulut terus bekerja. Kemarin, rombongan Bapemperda mendatangi dua daerah. Terkait Ranperda Prakarsa DPRD Sulut tentang Penyandang Disabilitas.

Anggota Bapemperda Cindy Wurangian saat diwawancarai mengatakan, mereka mengunjungi Dinas Sosial dan Dinas PMD Minut dan Dinas Sosial Bitung. Ada beberapa hal yang ditemukan Bapemperda. Di antaranya, penyandang disabilitas belum menjadi prioritas di Minut.

“Karena tahun lalu tak ada anggaran untuk penyandang disabilitas di Minut. Lain halnya di Bitung. APBD 2020 lalu Pemkot mengalokasikan anggaran 8 miliar. Bukan hanya untuk penyandang disabilitas, tapi juga warga lanjut usia (lansia),” beber Wurangian.

Hal lain yang ditemukan Bapemperda adalah kemungkinan dimasukkannya poin perlindungan pada lansia di dalam ranperda ini. Karena menurutnya, di negara berkembang lain.

“Selama ini kita memang lebih terfokus pada penyandang disabilitas. Padahal di negara sudah maju, aturan-aturan disatukan dengan aturan melindungi lansia,” sebutnya.

Dia mencontohkan yang dilakukan Pemkot Bitung. Ada 13 ribu lansia, 15 persen di antaranya mengalami cacat berat.

“Ini poin yang dipikirkan matang-matang, agar ranperda disabilitas ini tidak hanya mengatur penyandang disabilitas, tapi juga mengikutsertakan hal-hal yang berkaitan dengan lansia,” pungkas legislator dapil Minut-Bitung ini.(gel)

Artikel Terbaru

JG Siapkan Pergeseran Anggaran

Kapolda-Danrem Kunjungi Talaud