26C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

Sulut-Australia Jajal Kerjasama

MANADOPOST.ID—Kebutuhan daging sapi di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) maupun nasional didorong pemerintah. Mewujudkannya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut dan Australia menjajal kerja sama industri peternakan sapi potong. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Daerah Sulut Novly Wowiling.

“Kita menjajal kerjasama dengan Australia untuk pengembangan sapi potong. Dan pada tahun ini proses kerja sama dengan Australia tersebut, sudah akan mulai jalan dengan tahapan perencanaan dan konsolidasi. Semua persiapan, koordinasi antara kedua pihak sudah mulai jalan. Pasti ini akan difollow up secara maksimal. Karena menjadi salah satu program yang didorong Pak Gubernur Olly Dondokambey,” imbuhnya.

Wowiling mengatakan, pada tahun kedua atau 2022, proses kerjasama untuk peternakan sapi potong sudah akan action.

“Jadi pola-pola pengembangan peternakan di Australia akan dihadirkan di Provinsi Sulut. Dan lokasi pengembangan peternakan sapi potong ini akan dilakukan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Dan sesuai koordinasi awal, program pengembangan sapi potong ini akan dilakukan secara berkelanjutan,” ungkapnya, saat ditemui di ruang kerjanya.

Pengembangan peternakan sapi potong tersebut dilakukan secara maksimal dan terkoordinasi.

“Ya kita proyeksikan dari pengembangan awal dari peternakan akan berubah menjadi industri. Dan kita proyeksikan, kebutuhan dan pasokan daging sapi secara lokal Sulut maupun secara nasional akan terpenuhi.

Ini juga menjadi program pemerintah pusat, untuk menekan impor daging sapi. Sulut dipilih karena dinilai cocok baik lahan maupun iklim pengembangan sapi potong. Dan kita minta dukungan masyarakat, agar program ini bisa terlaksana dengan baik,” kuncinya. (ewa/gel)

Artikel Terbaru

Penyebar Foto ETLE Bisa Digugat

CS-WL Gercep Sinkronkan Program Kerja

JG Siapkan Pergeseran Anggaran