25C
Manado
Jumat, 23 April 2021

Pembukaan Sekolah, Tunggu Rekomendasi Satgas

MANADOPOST.ID—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) yang memiliki kewenangan penuh terhadap SMA dan SMK, sampai saat ini belum bisa memastikan kapan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka bisa berlangsung.

Namun saat diwawancarai koran ini, Minggu (28/3) kemarin, Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut dr Grace Punuh mengatakan, pembukaan sekolah bisa dilakukan jika sudah ada rekomendasi Satuan tugas (Satgas) Covid-19.

“Jikalau Satgas Covid-19 setempat sudah menyetujui serta orang tua murid juga sudah oke juga semua panduan untuk buka sekolah mengizinkan maka sudah bisa dilakukan. Dan kita juga sedang menunggu vaksinasi. Karena memang vaksin untuk guru sedang diadakan. Jadi kita belum bisa memastikan. Yang pasti harus menunggu hal-hal seperti yang saya sebutkan tadi,” imbuhnya.

Sementara itu, Pakar Pendidikan Sulut Djouhari Kansil mengatakan, kegiatan tatap muka secara langsung belum menjadi hal yang mendesak. Namun saat ini yang mendesak menurutnya adalah bagimana menyiapkan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran Dalam jaringan (Daring).

“Kalau proses daring sudah bagus. Maka kegiatan tatap muka tidak begitu mendesak. Saya dengar banyak hal terkait Daring ini di Sulut. Dan ternyata masih sangat miris. Banyak daerah yang ternyata tidak berjalan maksimal. Ini menjadi perhatian utama pemerintah,” sebutnya.

Kansil menuturkan, kegiatan tatap muka atau diizinkan sekolah beroperasi bisa dilakukan jika sifatnya sudah mendesak.

“Saat ini ukur saja melalui survei bagaimana kualitas pendidikan di masa pandemik. Jika tidak maksimal karena sekolah tutup, maka sudah mendesak untuk dilakukan pembukaan sekolah dengan kegiatan belajar-mengajar secara tatap muka.

Kalau dari hasil survei tersebut, ternyata Daring memberikan dampak positif. Maka perbaiki dan saja sarana dan prasarana penunjang Daring. Karena pendidikan itu sangat penting. Jadi harus diutamakan,” kuncinya. (ewa/gel)

Artikel Terbaru