31.8 C
Manado
Rabu, 28 Oktober 2020

Ini Kegiatan Perdana Pjs Lima Kabupaten/Kota di Sulut

MANADOPOST.ID—Usai dikukuhkan sebagai pejabat sementara (Pjs)  lima kabupaten/kota lainnya, para pjs langsung tancap gas, Senin (28/9) kemarin.

Dari Kota Bitung, terpantau Pjs Wali Kota Edison Humiang datang pagi-pagi ke kantor wali kota. Pertama-tama Humiang memimpin apel kerja perdana bersama kepala kecamatan yang dilangsungkan di Tribun Lapangan Upacara Kantor Wali Kota Bitung.

Pada apel perdana yang dilakukan dalam posisi berdiri itu, diawali dengan doa kemudian penyampaian Humiang sebagai Pjs. Sesekali terpancar senyum khas Humiang yang dikenal periang namun tegas dalam memimpin. Dalam kesempatan itu pejabat yang mengawali karir sebagai guru ini meminta kerja sama dan sinergitas dari semua perangkat daerah. Karena menurut Humiang, sukses yang diharapkan tak akan lepas dari dukungan kerja semua PNS.

“Karenanya saya meminta kita semua untuk bekerja dengan baik. Mendukung tugas-tugas saya sebagai Pjs dalam upaya menjalankan roda pemerintahan sebagaimana yang kita semua harapkan,” kata Humiang.

Selanjutnya Humiang memimpin rapat kerja bersama pejabat eselon dua, tiga dan lurah se Kota Bitung. Di mana pernyataan yang sama disampaikan Humiang di hadapan pejabat SKPD yakni meminta suport kerja sama yang baik dengan semua perangkat kerja. Setelah itu Humiang menghadiri paripurna di DPRD Bitung serta agenda-agenda pemerintahan lainnya termasuk rapat bersama Forkopimda Kota Bitung.

Bergerser ke tetangga Kota Bitung. Pjs Bupati Minahasa Utara Clay Dondokambey, juga memulai hari pertamanya kerja sebagai Pjs, Senin (28/9) kemarin. Dia mengawali masa jabatannya dengan menggelar ibadah bersama sekaligus rapat koordinasi dengan perangkat daerah di kantor bupati setempat.

“Saya mempunyai enam tugas yang diberikan melalui surat keputusan,” sebutnya sembari menyebutkan penanganan Covid-19 menjadi prioritas. “Karena bupati sebagai Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Minut,” ungkap Clay, yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Umum Setprov Sulut.

Dia menjamin tidak ada kepentingan politik terkait ditunjuknya dia sebagai Pjs. “Karena kita akan bekerja sesuai koridor dan aturan yang diamanatkan,” ungkapnya. Dia juga mengatakan, akan menyelenggarakan pilkada yang aman. “Bukan hanya aman dari gangguan, tetapi juga aman dari Covid-19. Yang pasti saya akan menjalankan roda pemerintahan dengan baik,” kuncinya.

Bergeser ke Minahasa Selatan (Minsel). Menjalani tugas perdana sebagai Pjs Bupati Minsel, Meiki Onibala mulai action dengan mengumpulkan sejumlah pejabat. Apel perdana, Senin (28/9) kemarin, bukan hanya pejabat Pemkab Minsel yang hadir. Tampak juga Kepala sekolah (kepsek) SMA/SMK ikut dikumpulkan.

Saat diwawancarai koran ini, Onibala menegaskan tugas Pjs sama halnya bupati definitif. Hanya nama dalam nomenklatur yang menurut Onibala berbeda. “Tugas saya dan bupati definitif itu sama. Dan hari ini (kemarin) saya telah menyampaikan kepada semua PNS, dan di apel perdana ini, saya disambut baik masyarakat Minsel untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab,” tuturnya.

Onibala juga memaparkan sejumlah aturan-aturan yang harus dipatuhi semua PNS. Dirinya secara tegas mengatakan bahwa akan menggeser semua PNS yang tidak tahu aturan atau membangkang. Dirinya juga meminta semua PNS untuk tidak terlibat dalam kegiatan politik, dan harus menjalankan pemerintahan dengan baik.

Dirinya juga menegaskan, tak segan-segan memberikan sanksi bagi PNS yang terbukti terlibat dalam kegiatan politik. “Netralitas itu akan saya pantau ketat. Karena aturan sudah jelas melarang keterlibatan PNS dalam kegiatan politik. Nanti lihat apakah ada PNS yang tidak mengikuti aturan. Pasti ada sanksi,” katanya.

Onibala juga mengungkapkan, dirinya akan memantau penyerapan anggaran di Pemkab Minsel. “Serapan anggaran itu saya sudah pantau tadi. Dari hasil pemaparan, sudah 50 persen penyerapan anggaran di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah. Tapi tadi saya sudah minta untuk lebih digenjot penyerapan anggaran. Karena banyak agenda yang akan dijalani dalam beberapa bulan ke depan,” ungkapnya.

Selain itu, Onibala juga mengatakan pihaknya tengah mempersiapkan pembahasan APBD induk tahun anggaran 2021. “Besok (hari ini) atau lusa (esok), mereka akan sampaikan terkait APBD induk 2021. Karena APBD induk ini masih akan melalui tangan saya. Karena batas pengusulan itu sampai 1 Desember. Saya habis tugas itu 5 Desember. Jadi akan saya lihat bagaimana APBD induk 2021,” kuncinya.

Hal yang sama juga dilakukan Pjs Bupati Boltim Christian Talumepa, Senin (28/9) di lantai tiga kantor bupati. Talumepa mengatakan, dalam menjalankan tugas sebagai bupati, harus ada kolaborasi antara dirinya dan pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Kehadiran saya di sini untuk menjalankan perintah Undang-Undang. Tidak ada kepentingan pribadi. Hanya menjalankan perintah undang-undang,” kata Talumepa.

Menurutnya, sebagai bupati dirinya punya tugas utama selain tugas lainnya. Yakni menyukseskan Pilkada 2020 dan pencegahan penyebaran Covid-19. “Memfasilitasi penyelenggaran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati definitif dan menjaga netralitas ASN.Dan melaksanakan tugas selaku ketua gugus tugas penanganan COVID-19,” terang Kadis Kominfo Sulut ini.

Talumepa menambahkan, PNS harus berkontribusi dalam pelaksanaan pencegahan Covid-19. “Mari kita terus mensosialisasikan pencegahan penyebaran virus korona.Tugas utama kita adalah sukses Pilkada dan sukses penanganan COVID-19,” tutup Talumepa.

Lain halnya dengan Pjs Bupati Bolsel Praseno Hadi. Bersama istri, sebelum naik rumah dinas (rudis) yang baru, pihaknya mengadakan doa bersama. “Usai acara penyambutan, kami adakan doa bersama saat naik rudis yang baru,” terang Hadi. “Esok (hari ini) akan ada kunjungan ke beberapa SKPD,” tukasnya.(tim mp/gnr)

-

Artikel Terbaru

Kader Senior Beringin Dukung FDW-PYR

MANADOPOST.ID—Kader senior Partai Golkar (PG) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Nogi Purukan menyatakan dukungannya kepada pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati

Milenial BMR Siap Menangkan Olly-Steven

MANADOPOST.ID—Arus dukungan terhadap Paslon Petahana Sulut, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) di Pilkada Sulut 2020, terus bergelombang.

Paruntu-Panambunan Siap Menangkan Olly-Steven dan AA-RS

MANADOPOST.ID—Arus dukungan terus berdatangan kepada pasangan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. Kini kembali terbentuk satu lagi dukungan datang dari kaum milenial, yakni Jaringan Anak Milenial (JAM) Sulut Hebat.

HR Hadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Bitung

Calon Wakil Gubernur Sulut Dr Hendry CM Runtuwene STh MSi, Selasa (27/10) menghadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Kota Bitung bertempat di Kelurahan Sagrat, Kecamatan Matuari.

Warga Minut Kepulauan Antusias Sambut VAP

Calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mendapat dukungan.