27C
Manado
Jumat, 23 April 2021

Pemprov Inventaris Daerah Blank Spot

MANADOPOST.ID—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) terus berupaya untuk menyelesaikan masalah daerah blank spot atau daerah yang tak tersentuh jaringan telekomunikasi.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Daerah Provinsi Sulut Christiano Talumepa, Senin (29/3) kemarin. Menurut Talumepa, penyelesaian daerah blank spot bukan hal mudah.

“Kita itu masih terkendala soal wewenang. Karena semua kewenangan itu ada Pemerintah Pusat. Dan setahu saya dinas pendidikan itu sudah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak Telkom untuk pembangunan tower-tower jaringan telekomunikasi. Hal itu dilakukan agar supaya bisa menjangkau daerah-daerah yang memang kesulitan untuk mengakses jaringan internet. Namun disatu sisi, ini menjadi kewenangan kementerian,” tuturnya.

Talumepa mengatakan, pemerintah daerah tidak memiliki kewenangan untuk menerbitkan izin pembangunan tower-tower telekomunikasi. Yang ada menurutnya, hanyalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang diterbitkan kabupaten/kota.

“Nah yang saat ini kita harapkan adalah kabupaten/kota bisa bekerja sama dengan provider telekomunikasi. Agar supaya daerah atau desa-desa yang tidak terjangkau jaringan bisa menjadi perhatian para provider,” imbuhnya.(ewa/gel)

Artikel Terbaru