23C
Manado
Minggu, 11 April 2021

Tahap Pertama, 220 Desa Terima Dandes

MANADOPOST.ID—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) saat ini tengah mendorong penyaluran Dana desa (Dandes) bagi 1.287 desa. Hal ini terbukti dengan bertemunya Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut Edwin Silangen dengan Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulut Ratih Hapsari Kusumawardani, Senin (29/3) kemarin di Kantor Gubernur Sulut.

Pertemuan dengan menerapkan Protokol kesehatan (Prokes) ini membahas sejumlah hal diantaranya terkait realisasi Dandes, Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, Kredit Usaha Rakyat (KUR) serta UMI (Usaha Mikro). Sekprov Edwin Silangen mengatakan, penyaluran Dandes digenjot. Karena tergolong minim. Baru 220 dari 1.507 desa yang menerima.

“Sampai saat ini baru sekitar 220 desa yang menyalurkan dana desa disebabkan belum maksimalnya koordinasi perangkat desa dengan pemerintah daerah serta masalah validasi data penerima Dandes. Untuk itu sangat diperlukan sinergitas dan koordinasi antara Pemerintah Daerah, Kantor Wilayah Perbendaharaan Provinsi Sulut dengan KPPN dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) untuk bersama-sama mendorong percepatan penyaluran dana desa ini, sehingga dapat tersalurkan,” tuturnya.

Kemudian yang berkaitan dengan KUR dan UMI di Sulut menurut Silangen, terkendala dengan input data dari calon debitur.

“Untuk itu nantinya akan bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM mengadakan pelatihan, sehingga akan bertambah data debiturnya. Kita mendorong semua penyaluran bantuan keuangan ini agar segera mungkin bisa berjalan. Beberapa kendala ini sudah saya sampaikan kepada kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk segera ditindaklanjuti, agar bisa menjadi perhatian utama. Sehingga penyaluran bantuan bisa segera running,” bebernya.

Sementara itu, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Sulut Ratih Hapsari, meminta dukungan Pemprov Sulut terkait peningkatan realisasi dana desa, DAK fisik, KUR serta UMI di Sulut.

“Kita berterima kasih kepada Pemprov Sulut yang memang memiliki keinginan yang sama dengan kita untuk memacu realisasi bantuan keuangan dari Pemerintah Pusat. Jadi saya dan Pak Sekprov telah membicarakan banyak hal. Mulai dari kendala-kendala, serta tindaklanjutnya. Dan Pak Sekprov Sulut Edwin Silangen memberikan respon yang sangat positif terhadap pertemuan kita ini,” kuncinya. (ewa/gel)

Artikel Terbaru