31 C
Manado
Selasa, 14 Juli 2020

Manfaatkan Hasil Pertanian, OD Racik Minyak Anti Covid-19

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey (OD), diam-diam telah meracik minyak herbal anti Covid-19. Racikan minyak tersebut yang dilakukan secara langsung oleh OD, menggunakan hasil pertanian Sulut.

Laporan: Balladewa Setlight, Manado

MINYAK tersebut juga berbahan dasar cengkeh dan fuli pala yang direndam dalam minyak tradisional olahan sendiri. “Khasiatnya boleh dicoba. Minyak anti Covid-19 ini dari produk pertanian Sulut. Ini juga mendapat respon luar biasa dari warga Sulut,” ungkap Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Senin (29/6) kemarin.

Kendati demikian, OD tetap mengingatkan kepada warga untuk tetap yakin dan percaya kepada kuasa Tuhan agar khasiat minyak bekerja optimal hingga mendatangkan kesembuhan.

“Dengan keyakinan kepada Tuhan, kita berdoa semoga dengan anugerah melalui bahan-bahan dari alam ini, pasien suspect Covid-19 bisa segera sembuh, bahkan kita semua terhindar dari penularan,” ungkapnya.

Minyak racikan OD tersebut juga telah menyasar sejumlah tempat. Bahkan beberapa masyarakat umum, trelah mendapatkan minyak tersebut. Olahan minyak tersebut, didistribusi Kepala Biro Umum Pemprov Sulut, Clay Dondokambey. Clay juga telah menyalurkan minyak VCO dan minyak kayu putih yang juga diyakini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan pasien Covid-19.

Minyak ini didistribusikan ke sejumlah rumah sakit, diantaranya RSUP Prof Kandou, RS Bhayangkara, RS TNI Teling, RS Pancaran Kasih, RS Siloam Paal 2 dan Bapelkes Malalayang.

Selain itu minyak herbal juga dibagikan ke masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri di Desa Kalawat, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara. Adapun bantuan minyak herbal diserahkan melalui Kepala Desa Kalawat sebelum disalurkan langsung ke warga di tempat isolasi mandiri.

Sementara itu, Clay menjelaskan, minyak kayu putih dan VCO untuk pasien Covid-19 tersebut telah disalurkan ke RSUP Prof Kandou, RS Wolter Mongisidi, RS Bhayangkara, RS Pancaran Kasih dan Rumah Singgah Bapelkes.

“Ini kita salurkan secara bertahap, dan berikutnya untuk semua rumah rujukan di Sulut. Ini bentuk perhatian pak Gubernur Olly untuk membantu kesembuhan para pasien yang terpapar Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubag Herry Achmad mewakili Kepala Dinkesda Sulut, dr Debie Kalalo menjelaskan, minyak kayu putih tersebut sangat bermanfaat dalam membantu proses kesembuhan pasien Covid-19.

“Minyak kayu putih itu penggunaannya dioleskan pada masker yang digunakan oleh pasien Covid-19. Begitu juga VCO, penggunannya diminum setiap hari dengan takaran tiga kali sendok makan.(ewa/gel)

-

Artikel Terbaru

Terkait Penyaluran Bansos, Kumtua Tantang Warga Lapor Polisi

MANADOPOST.ID--Gencarnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dalam mensosialisasikan penyaluran bantuan sosial dimasa pandemi Covid-19, baik Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) maupun Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial ke Masyarakat ternyata berbanding terbalik yang dilakukan Pemerintah Desa Koha Timur Kecamatan Mandolang yang dilaporkan wargannya akibat dugaan ketidak terbukaan dalam penyaluran bantuan tersebut.

Satu Pasien Positif Covid-19 Tempati Rumah Singgah Tounsaru

MANADOPOST.ID--Setelah disiapkan beberapa waktu lalu, rumah singgah yang disiapkan khusus tempat isolasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kelurahan Tounsaru, Kecamatan Tondano Selatan, kini sudah ditempati.

ROR: Setengah Warga Minahasa Sudah Tersentuh BST dan BLT

MANADOPOST.ID--Bupati Minahasa Dr Royke Octavian Roring MSi (ROR) menyebut bantuan sosial yang yelah disalurkan pemerintah terhitung sudah setengah mencakup jumlah penduduk Kabupaten Minahasa.

Penutupan Kelurahan yang Belum Terpapar Covid-19 Ditunda

MANADOPOST.ID—Kabar penutupan sejumlah kelurahan yang belum terpapar Covid-19, mulai 16 hingga 19 Juli mendatang, ditunda pelaksanaannya. Itu diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kota Tomohon Yelly Potuh SS, dalam keterangan persnya, Senin (13/7) kemarin.

Polisi Amankan 350 Liter Captikus di Pelabuhan

MANADOPOST.ID--Sebanyak 350 Liter minuman keras (miras) ilegal jenis captikus yang di selundupkan di pelabuhan Melonguane menggunakan kapal KM Barcelona 2, berhasil di gagalkan Polres Talaud melalui Polsek Melonguane.