31.4 C
Manado
Rabu, 4 Agustus 2021
spot_img

Silangen Perkuat Tugas Pengawasan dan Budgeting

MANADOPOST.ID—Setelah memantapkan fungsi legislasi, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara dr Fransiscus Silangen memastikan tugas pengawasan dan budgeting akan terus dimaksimalkan. Usai menghadiri Musrenbang Pemprov Sulut, Selasa (26/6), Silangen menjelaskan jika DPRD akan bertugas maksimal mengawal program yang sudah disampaikan dalam Musrenbang tersebut.

Silangen mengatakan, tugas pengawasan DPRD dimulai saat pelaksanaan Musrenbang. “DPRD masuk dalam pendekatan partisipatif. Aspirasi masyarakat yang diperoleh saat reses, dimasukkan dalam pokok-pokok pikiran (pokir). Tugas kita menjamin terlaksananya pembangunan jangka menengah. DPRD mengalokasikan anggaran sesuai program kegiatan yang disampaikan perangkat daerah,” kata Silangen.

Lebih lanjut dia menegaskan, DPRD akan terus bersinergi dengan eksekutif. “Fungsi dewan sangat strategis. Pertama mengenai penganggaran. Kadang anggaran tak cukup untuk memenuhi salah satu program. Maka dewan yang ikut membahas masalah. Selanjutnya dewan harus awasi, pokir mana yang sudah dimasukkan. Apakag itu masuk dalam rencana kerja perangkat daerah. Nah ini dikawal tiap tahun,” ujar legislator asal Dapil Nusa Utara ini.

Diakui Silangen, fungsi dewan strategis dalam memastikan program kerja perangkat daerah sesuai dengan visi dan misi kepala daerah. “Jangan sampai kejadian seperti di DKI Jakarta beberapa waktu lalu. Ada anggaran untuk lem Ehabon. Sebagai kepala daerah memang tidak bisa mengetahui seluruh program kegiatan. Sehingga perlu diawasi dewan,” ujarnya. DPRD, lanjutnya, melihat program yang dilakukan. Apakah sesuai atau tidak. “DPRD memastikan program lima tahun berjalan baik. Ada di di ranah visi dan misi dan sesuai rencana pembangunan jangka menengah. Jadi sangat penting DPRD hadir di Musrenbang, ikut mengawal rencana pembangunan daerah,” tandasnya.(gel)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru