28 C
Manado
Kamis, 26 November 2020

Bendungan Kuwil Capai 75 Persen, Selesai Pertengahan 2021

MANADOPOST.ID—Salah satu bendungan yang bakal memberikan efek positif masyarakat Sulut khususnya Kota Manado selesai tahun depan.  Hal itu disampaikan Gubernur berstatus cuti Olly Dondokambey, kepada para pakar intelektual Sulut di Hotel Grand Puri Manado.

“Ini salah satu program yang kami rencanakan tidak perlu memakan waktu yang lama. Ini karena banjir Kota Manado tahun 2014, lalu saya mengusulkan ke Presiden Jokowi. Beruntung pak Presideng langsung setuju,” kenang OD.

OD menyebut bendungan tersebut dipastikan selesai pada pertengahan hingga akhir 2021 tahun depan. “Kita bisa nikmati Bendungan Kuwil ini tahun depan. Dan tujuan utaman bendungan ini yakni mengatasi banjir di Kota Manado,” jelas dia.

Sebelumnya, Manager Project PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Pembangunan Bendungan Kuwil Kabupaten Minahasa Utara Aprianto Donny mengatakan pengerjaan fisik bendungan tersebut diperkirakan telah mencapai 75 persen.

“Kalau pengerjaan fisik sudah 75 persen lebih mendekati 80 persen, anggaran sudah terserap 100 persen per April 2020 karena ada pemotongan untuk refocusing anggaran Covid-19,” kata dia.

Walaupun anggaran sudah terserap habis, namun proses pengerjaan masih dilanjutkan, meskipun akan dibayarkan tahun depan. Khusus proyek yang dikerjakan PT Wijaya Karya, kata dia, hingga selesai diperkirakan masih membutuhkan anggaran sekitar Rp 300 miliar.

“Di kontrak kami masih ada anggaran sebesar ini yang sebagian sudah kami kerjakan tinggal pembayaran di tahun depan,” ujarnya.

Sebanyak Rp300 miliar yang akan dialokasikan pada tahun depan itu, akan difokuskan untuk menimbun tubuh bendungan.(cw-01/gel)

-

Artikel Terbaru

Diego Maradona Dikabarkan Meninggal Dunia Akibat Serangan Jantung

Diego Maradona dikabarkan meninggal dunia, Rabu (25/11). Dilansir Daily Mail, legenda sepak bola dunia itu meninggal akibat serangan jantung di usia 60 tahun.

Meghan Markle Keguguran, Pangeran Harry Menangis

Kabar mengejutkan datang dari Meghan Markle. Istri Pangeran Harry itu ternyata mengalami keguguran pada Juli 2020 lalu. Kabar itu diketahui setelah The Duchess of Sussex menuliskan curhatannya di New York Times.

Dimulai Tahun 1956, Begini Sejarah Vaksin Massal di Indonesia

MANADOPOST.ID- Vaksin bukanlah hal baru buat masyarakat Indonesia. Sudah puluhan tahun Indonesia akrab dengan vaksin. Sejarah vaksin di Indonesia secara resmi dimulai tahun 1956, ketika dilakukannya vaksinasi cacar. Pemberian vaksin ini diakui sebagai salah satu upaya pencegahan yang cukup efektif dalam upaya memerangi satu wabah penyakit.

DMR Resmi Wakil Ketua DPRD Minut

Kursi Wakil Ketua DPRD Minahasa Utara (Minut), resmi diduduki Daniel Mathew Rumumpe. DMR, sapaan akrab Rumumpe, menggantikan kakaknya Shintia Gelly Rumumpe (SGR) yang saat ini maju sebagai calon bupati Minut.

Zaman Kapolri Idham Azis, tidak Ada Anjak yang Habis Sekolah

Dalam Apel Kasatwil 2020 di Mabes Polri pada Rabu (25/11), Kapolri Jenderal Idham Azis menyampaikan perihal pembinaan personel kepolisian. Ada hukuman dan penghargaan bagi anggotanya. Bahkan, seluruh personel Bhayangkara akan mendapatkan jabatan sesuai dengan kompetensi individu.