27C
Manado
Rabu, 14 April 2021

80 Miliar BOS Siap Salur

MANADO- Sekira Rp 139 miliar dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada tahap pertama sudah tersalur bagi sekira 2.555 sekolah. Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Manado Wayan Juwena SE MM.

“Tahap pertama ini belum selesai penyalurannya, kami menyalurkan berdasarkan rekomendasi dari kementerian keuangan. Ditargetkan sekira tiga ribu lima ratusan sekolah jadi masih ada sekitar seribu sekolah yang belum,” bebernya.

Kata dia, saat ini ada yang sudah masuk pada monitoring sistem perbendaharaan anggaran negara (SPAN) sekira 497 sekolah yang siap salur. “Itu senilai Rp. 80 miliar. Tinggal menunggu rekomendasinya,” terangnya.

Lanjutnya penyaluran Dana BOS saat ini relatif lebih baik. “Di tahun sebelumnya penyaluran tidak lebih banyak diawal tahun. Namun tahun ini di tahap awal ini langsung mencapai 2.555 sekolah, ini baik,” jelasnya.

Dia mengatakan kedepan diharapkan semakin lebih baik lagi dan benar digunakan sesuai dengan regulasi yang ada. “Mudah-mudahan sinergitas KPPN Manado dengan Dinas Pendidikan semakin baik sehingga permasalahan yang akan menghambat bisa diminimalisir,” ucapnya.

Menurutnya salah satu permasalahan yang sering dihadapi yaitu masih adanya retur penyaluran dana BOS. “Ini diakibatkan karena penyampaian rekening yang dilakukan sebelumnya tidak sesuai dengan regulasi yang ada,” bebernya.

Dia berpesan agar pihak sekolah kedepan tidak lagi menggunakan rekening pribadi. “Ini tidak diakomodir dari sisi regulasi dan tidak akan tersalurkan oleh karena itu mari gunakan rekening sekolah,” tandasnya. (asr)

Artikel Terbaru