alexametrics
30.4 C
Manado
Jumat, 3 Desember 2021
spot_img

Dinsos Sulut Canangkan Kota Bitung Menjadi Kawasan Siaga Bencana

MANADOPOST.ID – Sabtu (05/06/2021), bertempat di Stadion Dua Sudara, Manembo-nembo, Kota Bitung, Sulawesi Utara, dicanangkan menjadi Kawasan Siaga Bencana. Pembina apel pencanangan Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri disaksikan Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar dan Kepala Dinas Sosial Sulut dr Rinny Tamuntuan.

 

Kegiatan itu menjadi bagian dalam rangkaian Apel Siaga dan Simulasi Bencana yang dilaksanakan Dinas Sosial Daerah Provinsi Sulut. Sebelum dicanangkan menjadi Kawasan Siaga Bencana, terlebih dahulu dikukuhkan 2 Kampung Siaga Bencana (KSB) yaitu KSB Barito Kecamatan Girian dan KSB Mambo Squad Kecamatan Matuari. “Kawasan Siaga Bencana adalah suatu wilayah/kawasan yang memiliki lebih dari satu Kampung Siaga Bencana (KSB) suatu kawasan dimana masyarakatnya telah memiliki pengetahuan mitigasi kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana,” beber Kepala Dinas Sosial Sulut dr Rinny Tamuntuan.

 

Diketahui, sebelumnya Kota Bitung juga sudah memiliki 1 KSB yaitu KSB Girian Bawah yang dibentuk pada tahun 2015. Maka, dengan adanya 2 KSB yang dilatih sejak Kamis 3 Juni 2021, maka Kota Bitung sudah memiliki 3 KSB sehingga sudah bisa ditetapkan menjadi suatu Kawasan Siaga Bencana. “2 KSB dilatih sejak Kamis, mengenai dasar-dasar evakuasi, koordinasi antar instansi, manajemen tempat pengungsi, asesment, penyiapan dapur umum, penyiapan dan penyaluran logistik hingga pengetahuan kebencanaan lainnya. Kegiatan ini merupakan petunjuk Presiden Jokowi untuk menyiapkan masyarakat tanggap bencana sebagai bentuk kesiapsiagaan,” tegas Tamuntuan.

 

Dalam kesempatan ini, pihak Kementerian Sosial yang diwakili Kepala Seksi Mitigasi Tota Oceanna menyerahkan bantuan untuk 2 KSB tersebut yaitu 40 terpal, 40 selimut, 40 kasur, 40 tikar, 4 buah tenda keluarga dan 4 buah tenda serbaguna senilai Rp 110,3 juta. (vip)

spot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru