27 C
Manado
Jumat, 27 November 2020

10 November Jokowi Resmikan Bandara Siau

MANADO— Bandara Siau di Kabupaten Kepulauan Sitarobakal diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) 10 November 2020 mendatang. Bandara tersebut menjadi satu penantianmasyarakat untuk menunjang akses transportasi sekaligusmenunjang perekonomian di kepulauan Nusa Utara.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulut Lynda Wataniamengatakan, peresmian Bandara Siau akan dilakukan PresidenJokowi dari Toraja secara virtual. “Iya, agenda peresmian 10 November oleh pak Presiden dari Toraja. Peresmian bandara itusecara bersamaan dengan lima bandara lainnya di Indonesia,” ucap Lynda, Kamis (5/11) kemarin.

Dia menyebut, peresmian bandara dilakukan setelah disetujuiDirjen Perhubungan Udara yang telah menyetujui semuapersyaratan yang ada.

“Ini merupakan satu kebanggaan bagi kita karena Provinsi Sulutbertambah lagi satu bandara yang beroperasi. Semua sarana danprasarana penunjang bandara sudah sangat lengkap dan siapdigunakan,” ujarnya.

Lynda juga mengakui, percepatan pengoperasian Bandara Siaumemang terus didorong Olly Dondokambey sebelum menjalanicuti.

“Pak Olly Dondokambey terus mendorong agar bandara cepatberoperasi. Itu lantaran bisa membuka akses perekonomian bagimasyarakat, serta mendorong ekspor seperti perikanan Sitaro keJepang,” bebernya.

Sementara itu, Dwi Arianto, Kepala Bandara Naha Tahuna yang menjadi penanggung jawab Bandara Pihise Siau menjelaskan, panjang runway bandara tersebut sepanjang 1.325 meter dankapasitas terminal diperkirakan bisa menampung 17 ribupenumpang dalam setahun. “Sudah ada beberapa maskapai yang mencoba dengan melakukan penetrasi di bandara tersebut.Hingga kini, sudah ada beberapa operator maskapai yang menghubungi untuk bekerja sama,” tuturnya.

Arianto mengatakan, total anggaran pembangunan BandaraPihise sejak tahun 2013 hingga 2019 sebesar Rp440 miliar. Hingga kini semua fasilitas bandara sudah sangat siap untukdioperasikan.

“Kita berharap beroperasinya bandara ini yang menjadi harapanmasyarakat bisa terus meningkatkan pelayanan transportasiudara di Provinsi Sulut,” pungkasnya.(*)

-

Artikel Terbaru

Terbaik Kedua, Rotty Raih Penghargaan PKN Tingkat II

MANADOPOST.ID– Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XVI tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN)

Gran Puri Siapkan Pesta Pergantian Tahun Berkesan

PENAWARAN spesial di malam tahun baru. Hotel Gran Puri Manado mempersembahkan Aloha Pool and Grill Party 2021.

538 Wasit Pemilu Dirapid test

MANADOPOST.ID—Menjamin kesehatan penyelenggara, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) gelar rapid tes massal. Bagi seluruh jajaran pengawas pemilihan di setiap tingkatan, Kamis (26/11) kemarin.

Distanak Kena Sorot, Pupuk di Minsel Langka

MANADOPOST.ID—Bulan November 2020 ini musim tanam bagi petani. Tapi saat ini kelangkaan pupuk terjadi. Membuat petani kesulitan mencari pupuk.

KPU Minsel Beber 15 Hal Baru di Pilkada

MANADOPOST.ID—Perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tak lama lagi selesai. Masyarakat pada 9 Desember nanti bakal