27 C
Manado
Jumat, 27 November 2020

GM PLN UIW Suluttenggo Launcing Si Lintar dan Edukasi Kelompok Belajar Pelangi di Kawasan TPA Sumompo

MANADOPOST.ID – General Manager PLN UIW Suluttenggo Leo Basuki secara resmi men-launching komik ‘Si Lintar edisi Manado, Palu dan Gorontalo’, pada Jumat (6/11) di Kawasan TPA Sumompo.

“Memang kami yang bertugas di PLN tidak sekedar hanya menjaga supaya listrik tetap menyala dan dinikmati dengan baik tetapi kami juga punya kewajiban sosial dengan program CSR-nya.

Banyak program yang dilakukan PLN tetapi kami melihat di unit ini masih ada suatu celah yang harus kami perhatikan yaitu terkait dengan anak,” kata Basuki usai kegiatan PLN Peduli Sesama edukasi keselamatan ketenagalistrikan, gerakan menggunakan masker di masa pandemi Covid-19 pada kelompok Belajar Anak Sahabat Pelangi di Kawasan TPA Sumompo.

Lanjutnya, anak merupakan generasi penerus kita jadi saatnyapun kita akan tergantikan dan saat ini semakin hari kehidupan kita semakin tidak bisa dilepaskan dari listrik, tentunya bagaimana menggunakan listrik dan lebih dari itu mengetahui dari mana berasal dan bagaimana dikelola itu menjadi suatu wawasan yang sangat berguna buat anak-anak ini yang kami sebut dengan mengedukasi keselamatan dalam kelistrikan, tentunya komik Si Lintar dengan bahasa-bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak.

“Kemudian yang kedua terkait dengan gerakan pakai masker, kita mencari lokasi ini sampai membuat acara yang bener-bener dikemas dengan sederhana ini karena kami tidak ingin sekedar hanya memberi contoh menggunakan protokol Covid-19 tetapi juga kami mengajari bagaimana memakainya bagaimana kami berinteraksi dengan mereka. Jadi dua hal ini yang menjadi konten utama di samping kita bikin menambah wawasan anak-anak tentunya kami harus berpikir bagaimana apa yang kami ingin sampaikan itu dapat efektif sampai ke anak-anak dan ada medianya yaitu buku dan lebih dari itu adalah cara menyampaikannya. Dengan cara bermain sambil belajar ini yang memudahkan kita memahami berbagai cara yang efektif untuk menyampaikan ilmu-ilmu wawasan pengetahuan tadi agar masuk ke dunia anak-anak, intinya bermain dan belajar kata kuncinya di sini,” terangnya.

Kata Basuki, ini dari seri ke berapa dari si Lintar hanya setiap daerah melaraskan dengan dialek setempat karena dunia anak-anak tidak lepas dari bahasa ibu, makanya kalau ada Si Lintar edisi Manado, Palu dan Gorontalo ini kan di wilayah kami bertugas sehingga kontennya menyesuaikan untuk mudah dipahami anak-anak.

“Tentunya ini butuh evaluasi, ditempat lain sepertinya ini adalah hal yang menarik karena cara ini belum pernah dilakukan dan kami juga butuh testimoni. Nanti akan kami lihat dan ini kami berangkat dengan segala sesuatu yang sudah dimulai oleh Kelompok Belajar Pelangi, mereka adalah komunitas yang sangat peduli kami ingin masuk ke sana untuk memudahkan kami untuk menanyakan  kira-kira apa pengaruhnya apa dampaknya positif dari program ini tapi terlepas dari itu kami akan berlanjut terus karena ini adalah sesuatu ilmu yang sifatnya umum diketahui,” ujarnya dengan ungkapan isi komik Si Lintar ini mulai dari listrik berasal, siapa penemu listrik, bagaimana listrik dibangkitkan sampai bagaimana listrik sampai ke rumah dan bagaimana sebaiknya jadi pelanggan, serta bagaiman melaporkan gangguan, apa yang boleh dan apa yang tidak boleh.

Dan semuanya itu tentunya dengan bahasa-bahasa yang tidak menakuti anak-anak tapi bahasa-bahasa yang lebih mengarahkan anak-anak sehingga mereka memahami dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Kabid Perlindungan Khusus dan Pemenuhan Hak Anak P3A Provinsi Sulut, Nova Kumajas mengatakan, berbicara mengenai perlindungan anak kita wajib melindungi anak-anak yang ada di sekitar kita termasuk anak-anak yang ada di kompleks TPA ini.

“Di era pandemi Covid-19 ini terkait dengan edukasi kelompok belajar buat anak-anak tentunya kita harus bersinergi, mulai dari Dinas Pendidikan Daerah Provinsi, Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah hingga PLN Group untuk melindungi anak-anak kita,” ujarnya.Dirinyapun mengapresiasi program PLN Peduli Sesama yang telah menyasar anak-anak yang ada di Kawasan TPA Sumompo, karena kita tahu bersama anak-anak adalah penerus bangsa.

Turut hadir dalam edukasi dan peluncuran ini, GM PLN UIP Sulbagut Mimin Insani, GM UIKL Sulawesi Suroso Iskandar, Manager UP2D Suluttenggo Petrus Irwan Ichwansaputra, Senior Manager SDM Umum Galih Chrisetyo, dan perwakilan Dinas Perpustakaan dan kerarsipan Sulut. (Lina Pendong)

-

Artikel Terbaru

Gran Puri Siapkan Pesta Pergantian Tahun Berkesan

PENAWARAN spesial di malam tahun baru. Hotel Gran Puri Manado mempersembahkan Aloha Pool and Grill Party 2021.

538 Wasit Pemilu Dirapid test

MANADOPOST.ID—Menjamin kesehatan penyelenggara, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) gelar rapid tes massal. Bagi seluruh jajaran pengawas pemilihan di setiap tingkatan, Kamis (26/11) kemarin.

Distanak Kena Sorot, Pupuk di Minsel Langka

MANADOPOST.ID—Bulan November 2020 ini musim tanam bagi petani. Tapi saat ini kelangkaan pupuk terjadi. Membuat petani kesulitan mencari pupuk.

KPU Minsel Beber 15 Hal Baru di Pilkada

MANADOPOST.ID—Perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tak lama lagi selesai. Masyarakat pada 9 Desember nanti bakal

ISPA `Serang` Warga Bolmong

MANADOPOST.ID--Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dr Erman Paputungan mengatakan, untuk penyakit yang paling banyak terjadi di Bolmong adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).