28 C
Manado
Kamis, 26 November 2020

Hadapi Libur Panjang, Begini Persiapan Bandara Sam Ratulangi

MANADO— Menghadapi libur panjang Natal dan Tahun Baru, Bandara Sam Ratulang (Samrat) Manado terus memperkuat koordinasi dengan stakeholder terkait. Koordinasi ini diwujudkan dalam pertemuan Airport Security Committee (ASC) Bandara Sam Ratulagi Manado. Yang melibatkan Otoritas Bandara, Lanud AL, Lanud AU, POM AU, Polsek Bandara, SAR, Brimob, Airlines, Ground Handling, BIN Daerah Sulut, Karantina, Imigrasi, dan Bea Cukai.

“Dalam waktu dekat ini kita akan menghadapi libur panjang Natal dan Tahun Baru, bersama-sama kita mengantisipasi adanya pertumbuhan jumlah penumpang dengan mengutamakan keamanan dan kenyamanan dengan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan di masa pandemi ini,” ungkap Minggus  Gandeguai, selaku General Manager Bandara Samrat.

Dia menambahkan bahwa pertemuan ini merupakan pertemuan yang rutin digelar dalam rangka untuk mengupdate bentuk-bentuk ancaman keamanan dan mitigasi penanggulannya guna memberikan kepastian keamanan operasionak Bandara khususnya dikaitkan dengan kondisi pandemi covid-19 serta menjelang musim libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Dalam pertemuan kali ini dipaparkan terkait Airport Security Programme (ASP) yang diantaranya berisi tipe sistem keamanan bandar udara, tugas dan tanggung jawab Komite Keamanan Bandar Udara (KKBU), perubahan pembagian daerah keamanan, model ancaman dan penilaian ancaman keamanan, pemeriksaan bagasi tercatat, pemeriksaaan keamanan penumpang dan orang selain penumpang.

Sementara itu, Komandan Lanud Sam Ratulangi (Danlanud Sri), Kolonel Pnb Abram Tumanduk, dalam pertemuan tersebut menyampaikan pada seluruh anggota komite keamanan yang hadir untuk fokus bahwa bandara adalah objek vital yang keamannanya menjadi tanggung jawab bersama.

“Kita harus menyadari bahwa kemanan bandara menjadi salah satu bentuk ketahanan nasional yang dimana jika terjadi eskalasi ancaman keamanan di bandara itu sudah menjadi tanggung jawab kita, sehingga jangan lagi menunggu adanya permintaan bantuan pengamanan dari bandara. Saya harap itu dapat menjadi perhatian bersama,” tutupnya. (ayu)

-

Artikel Terbaru

Penanganan Kasus Dugaan Korupsi Internet Desa Lambat

MANADOPOST.ID—Penanganan kasus dugaan korupsi pengadaan internet desa di 101 kampung di Kabupaten Kepulauan Sangihe lambat. Diketahui, anggaran pengadaan internet desa sebesar Rp 6,06 miliar.

AHY Datang, Makassar Membiru

MAKASSAR—Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melanjutkan Gerilya Nusantaranya. Kali ini Ketum AHY turun langsung ke Makassar untuk meyakinkan partainya kompak dan solid memenangkan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar nomor urut 2, Munafri Arifuddin-Rahman Bando (Appi-Rahman).  

CPNS 2019 Jalani Magang

MANADOPOST.ID--Mulai awal Desember 2020, 232 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Kotamobagu formasi tahun 2019 akan dikumpul Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kotamobagu.

Mimpi Menjadi Nyata Bersama JKN-KIS

MANADOPOST.ID—Manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) dirasakan sebagian besar masyarakat Indonesia.

Bea Cukai Musnakan Rokok dan MMEA Ilegal, Nilainya Capai Rp1,1 Miliar

MANADOPOST.ID— Rabu (25/11) kemarin, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Wilayah Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara) dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Manado dan Bitung di Kantor KPPBC Manado