23C
Manado
Minggu, 11 April 2021

Bandara Sam Ratulangi Edukasi Mitra Kerja Mitigasi Kebakaran

MANADO- Mitigasi bahaya kebakaran Bandara Sam Ratulangi Manado gelar pelatihan pencegahan, penanggulangan bahaya kebakaran dan evakuasi keadaan darurat melibatkan lebih dari 30 perwakilan mitra kerja yang ada di Terminal Bandara serta 20 personel internal yang bertugas di Terminal.

General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus Gandeguai mengungkapkan, unit yang terlibat dalam kegiatan terdiri dari Tim Airport Technologi yang menjelaskan sistem proteksi pasif yang terpasang di terminal bandara seperti fire alarm dan fire detektor. “Ada juga tim Eeectrical yang berbagi tips penggunaan listrik dengan bijak serta tim Airport Operation Landside Terminal yang menyampaikan informasi jika terjadi keadaan darurat,” bebernya.

Lanjutnya, ada pula Tim Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF) yang mengedukasi penggunaan APAR untuk memadamkan kebakaran yang disebabkan Listrik.
“Tim Mechanical kami pun menjelaskan sistem Sprinkler dan pengoperasian Indoor Hydrant Box dan Tim Safety yang mengedukasi terkait prosedur evakuasi, lokasi tangga darurat, pintu darurat serta jalur evakuasi menuju titik kumpul yang aman,” terangnya.

Kata dia, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Sam Ratulangi, mengerahkan seluruh tim dalam kegiatan pencegahan, penanggulangan bahaya kebakaran dan evakuasi keadaan darurat.
“Ini wujud bukti keseriusan PT Angkasa Pura I jika kondisi darurat terjadi di terminal bandara yang dapat merugikan perusahaan, tenaga kerja maupun produktifitas kerja serta memberikan rasa nyaman terhadap para stakeholder dan pengguna jasa penerbangan.” timpanya.

Di sisi lain, Airport Operation, Services and Security Senior Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Yusman menambahkan ini giat pertama yang dilakukan. “Ini akan rutin kami laksanakan agar semua stakeholder di bandara paham. Kami harapkan pencegahan dan bukan penanggulangan. Pastinya kami siap menjamin keselamatan terkait keadaan darurat,” singkatnya. (asr)

Artikel Terbaru