alexametrics
25.4 C
Manado
Selasa, 21 September 2021
spot_img

PTM Sekolah di Sulut Dapat Restu Pemprov

MANADOPOST.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) saat ini sudah memberikan restu akan digelarnya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bagi setiap sekolah di Tanah Bumi Nyiur Melambai. Hal itu dilakukan, pasalnya kasus Covid-19 dibeberapa daerah di Provinsi Sulut terjadi penurunan dan membuat sejumlah daerah sudah memberlakukan kegiatan PTM.

Pembelajaran tatap muka ini pun hanya berlaku di daerah harus sesuai rekomendasi dari Gugus Tugas Covid-19. Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Sulut, dr Grace Punuh. “Intinya jika sudah ada kesiapan dari sekolah, maka sudah bisa melakukan PTM dengan seizin gugus tugas Covid-19 kabupaten/kota dan sekolah harus ada gugus tugas Covid-19 serta ada kerjasama dengan Puskesmas setempat,” tuturnya.

Lanjut Punuh, dalam tatap muka ini, pembelajaran hanya dibatasi maximal 2 jam dengan tingkat kehadiran siswa yang terbatas. Namun pembelajaran tatap muka ini kemungkinan tidak akan berlangsung terus menerus karena harus menyesuaikan kondisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di setiap daerah. “Adanya pemberlakuan PPKM yang berubah-ubah, maka itu bisa dilakukan dengan daring serta bisa dengan sistem guru keliling atau guling untuk daerah yang susah signal,” sebutnya.

Untuk daerah yang sudah melakukan PTM, ungkap Punuh, itu sudah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Talaud dan Bitung. Sementara daerah lainnya masih menunggu persetujuan dari Gugus Tugas Covid-19. “Talaud sudah jalan sejak 2 pekan lalu dan Bitung dari pekan kemarin. Adapun persyaratan untuk sekolah bisa melakukan tatap muka yakni siswa dan guru yang sudah divaksin. Selain sudah divaksin, siswa yang sudah memiliki ijin dari orang tua serta sarana dan prasarana yang memadai dalam hal untuk mengurangi jumlah kasus Covid-19,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw mengatakan bahwa, proses PTM dibeberapa daerah sudah mulai dilakukan. “Namun sifatnya belum 100 persen. Masih sharing. Artinya yang 50 persen lakukan secara Dalam jaringan (Daring) atau secara online. Yang 50 persen dilakukan secara Luar jaringan (Luring). Tapi ya tentu PTM di setiap sekolah di 15 kabupaten/kota, dilakukan dengan beberapa syarat. Selain Prokes yang harus ketat, juga harus ada rekomendasi dari Satgas Penanganan Covid-19 di masing-masing daerah. Pertimbangan angka peningkatan kasus merupakan hal utama,” tandasnya. (Balladewa Setlight)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru