alexametrics
28.4 C
Manado
Jumat, 17 September 2021
spot_img

Sertijab Roring, Silangen Ingatkan Peningkatan Perkebunan

MANADOPOST.ID – Yeltje Roring akhirnya sah menahkodai Dinas Perkebunan Daerah Sulawesi Utara (Sulut). Hal itu resmi usai dilakukan Serah terima jabatan (Sertijab) yang ditandatangani langsung Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut Edwin Silangen. Dalam pelaksanaan Sertijab, Silangen memberikan beberapa Pekerjaan rumah (PR) yang harus dilakukan Yeltje Roring.

Salah satunya adalah menjaga bahkan meningkatkan prestasi yang sebelumnya telah dicapai Dinas Perkebunan Sulut, dizaman Refly Ngantung. “Jadi langsung berlari untuk mendorong kinerja. Walaupun ada pandemik, dan Protokol kesehatan (Prokes) tetapi tidak mengendorkan semangat dan program yang sudah menjadi komitmen dan terencana di dinas perkebunan. Apalagi ibu ini meneruskan berbagai program yang sangat bagus. Jadi jangan sungkan-sungkan, untuk melakukan konsultasi dengan pejabat sebelumnya yang telah pensiun Pak Refly Ngantung,” tuturnya.

Silangen juga meminta Roring untuk terus menjaga dan memelihara tata kelola atau good government di Dinas Perkebunan Sulut. “Ini yang menentukan kita dalam kesuksesan semua program. Yakni good government. Pak Refly sudah membangun semua fondasi, tinggal kemudian kita membangun lebih besar diatas fondasi tersebut. Saya yakin, capaian kinerja ibu di Kabupaten Minahasa, mampu menjadi modal dalam menjalankan Dinas Perkebunan Sulut. Karena perkebunan di Sulut ini menjadi ikon Pemprov. Karena sebagian besar, masyarakat bergantung dari perkebunan,” sebutnya.

Silangen menuturkan bahwa, berdasarkan angka yang dipublikasikan Badan Pusat Statistik (BPS), petani pekebunan yang mentriger dari pertumbuhan ekonomi. “Justru itu dari angka statistik, dan telah mendapatkan penghargaan. Karena bisa menaikan NTP. Padahal NTP itu sangat susah sekali untuk dinaikkan. Sekarang sudah berada di angka 109. Kiranya ini bisa dipertahankan. Dengan program-program yang baik. Saya juga mengingatkan bahwa anggaran masih terbatas. Karena itu komunikasi dan koordinasi antara dinas perkebunan dan Pemerintah Pusat harus tetap terjaga. Ini PR perkebunan yang tentu harus dijaga dan ditingkatkan ibu Yeltje Roring,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Daerah Sulut Yeltje Roring mengucapkan terimakasih atas kepercayaan jabatan yang telah diberikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw serta Sekprov Edwin Silangen. “Tentu saat ini kita sudah akan langsung melakukan rapat internal di kantor. Saya akan mencari tahu apa saja program-program unggulan dan prioritas yang akan segera digenjot. Tentu sesuai kepercayaan, kita akan langsung tancap gas meningkatkan perkebunan di Sulut. Ya saya minta dukungan semua pihak dalam menjalankan semua program,” kuncinya. (Balladewa Setlight)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru