25 C
Manado
Selasa, 1 Desember 2020

Masih Abai Protokol Kesehatan, Puluhan Personil Gabungan Terus Gencarkan Operasi Yustisi

MANADO— Perang menghadapi pandemi terus dilakukan dari semua unsur pemerintahan. Operasi Yustisi, gabungan Kepolisian, TNI, Pol-PP serta Dinas Perhubungan Provinsi Sulut terus dilakukan. Sengaja menyasar pengendara roda dua dan empat yang abai terhadap penerapan protokol kesehatan.

Ketua tim operasi Polda Sulut Drs Jusak Salombe mengatakan selama berlangsung, setiap harinya terus didapati masyarakat yang acuh dalam menggunakan masker dan menjaga jarak, sehingga operasi dilakukan dalam 3 shift. “Shift pertama dari Polda Sulut, saya yang tangani bersama dengan rekan-rekan Pol-PP dan Dinas Perhubungan kemudian ada shift 2 dan 3 lainnya lagi, berputar terus seperti itu,” ucapnya.

Kata dia, sesuai dengan surat perintah Kapolda operasi Yustisi akan dilaksanakan sampai 31 desember nanti. “Kami operasi ini untuk menertibkan masyarakat dalam menjaga 3M. Kesadaran masyarakat harus tinggi untuk memakai masker,” sebutnya.

Disisi lain, Kasubbid Pembinaan Pengawasan dan Penyuluhan Sat Pol-PP Sulut Tonny Koroh menjelaskan operasi dilakukan mengacu pada instruksi presiden (Inpres) nomor 6 tahun 2020 dan peraturan gubernur (Pergub) nomor 60 tahun 2020. “Kami hanya menjalankan tugas, sangsinya admistratif jadi kita melayani masyarakat dengan senyum dan humanis pastinya juga memberikan edukasi pada masyarakat,” ucapnya.
Dia membeber, pihaknya selama operasi Yustisi akan melibatkan 48 orang. “Permintaan Polda 30 orang namun kami berikan lebih, sudah sejak 14 september kami lakukan. Tentu kami akan siap melaksanakan sesuai dengan surat perintah dari Polda,” imbuhnya.

Sementara, Sekertaris Dinas Perhubungan Provinsi Sulut Weldy Poli menambahkan, masyarakat Sulut diharabkan lebih peduli terhadap kesehatan diri dan orang terdekat yang disayangi. “Jangan dulu berpikir yang terlalu besar, ingat pesan mama saja, jangan lupa masker, cuci tangan dan hindari kerumunan,” imbaunya.
Kata dia, memang tidak ada sanksi denda terhadap pelanggar aturan, hanya berupa teguran dan imbauan. “Namun jika didapati perlakuan berulang, akan diberi pencerahan saja untuk mendidik,” sebutnya.

Dia melanjutkan, setiap harinya disiapkan 20 personil untuk turun dalam operasi. “Jika memang dibutuhkan lebih kami pasti tetap suport, tentu tergantung objek operasi, jika wilayah yang banyak dilalui kendaraan pasti kami back up,” tandasnya. (asr)

-

Artikel Terbaru

Mor-HJP Kantongi 126.124 Suara Kans Menang

Pasangan Calon Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan dan Wakil Wali Kota Manado Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) kans menang di Pilwako Manado, 9 Desember.

Tetap Sapa Warga Walau Hujan, SGR Banjir Pujian

Calon Bupati Minut Shintia Gelly Rumumpe (SGR), Senin (30/11) menyapa masyarakat yang ada di Kecamatan Likupang Timur. Hujan tak menghalangi SGR bertemu warga. Begitu juga warga yang rela hujan-hujanan demi bertatap muka dengan calon nomor urut 1 itu.

Ingin Bertemu VAP, Ribuan Warga Kotamobagu, Boltim dan Bolmong Turun ke Jalan

Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP), dinilai sosok yang paling pantas dan tepat memimpin Sulawesi Utara (Sulut).

Ini Nih Tips Hadapi Aquaplaning saat Hujan

MANADOPOST.ID—Daihatsu bersama GT Radial kembali selenggarakan acara bertajuk Ngobrol Asik dengan konsep talkshow yang edukatif dan dapat dinikmati oleh Sahabat Daihatsu di seluruh Indonesia. Kali ini, Daihatsu membahas seputar tips teknik berkendara dalam mengantisipasi berbagai kondisi, khususnya saat musim penghujan dan menghadapi kondisi Aquaplaning.

Humiang Lantik Ketua dan Pengurus Karang Taruna 

Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi, melantik pengurus Karang Taruna Bitung masa bakti 2020-2025 di Lantai 4 Kantor Wali Kota Bitung, Senin (30/11).