25 C
Manado
Selasa, 1 Desember 2020

PLN Group, TNI-Polri, dan Basarnas Gelar Apel Kesiapsiagaan Jelang Pilkada dan Nataru

MANADOPOST.ID— Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada), Natal dan Tahun baru (Nataru) 2021 ini diantisipasi oleh PLN UIW Suluttenggo. Bersama TNI, Polri, Basarnas, serta PLN Group menggelar apel ke-3 kesiapsiagaan penanggulangan bencana menjelang Pilkada dan Nataru di Pohon Kasih Megamas Manado, Rabu (18/11) pagi.

Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni, mengatakan Sulut merupakan salah satu daerah yang rawan terkena dampak bencana, baik bencana banjir, longsor dan bencana lainnya. Oleh karena itu, diperlukan koordinasi dan kerjasama yang baik di semua unsur dan stakeholder karena berdasarkan data dari BMKG Sulut pada akhir tahun ini akan memasuki musim penghujan dengan intensitas tinggi. “Itu artinya potensi terjadinya bencana longsor dan banjir menjadi meningkat, serta pohon tumbang dan sebagainya bisa terjadi di beberapa kabupaten/kota yang telah kami petakan, dengan pelaksanaan apel kesiapsiagaan dan simulasi ini diharapkan akan meningkatkan peran dan partisipasi kita semua dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana di daerah terlebih dalam pelaksanaan Pilkada serentak sekaligus menyambut rangkaian perayaan Nataru,” ujarnya.

Ia menerangkan, jadi ada yang berbeda dari apel kali ini karena langsung simulasi. Ada tujuh simulasi yang dilakukan mulai dari tahap awal sampai dengan tahap penangganan yang dilakukan oleh PLN. Pada hari ini kami langsung mengecek sinergi, kesamaan dan langsung praktek, kekompakan antar tim dan juga kesiapan peralatan dan tenaga yang ada.

Fatoni menekankan, dalam apel ini perlu peningkatan pengintegrasian penanggulangan bencana di semua lini dari kelurahan hingga provinsi, perlu peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan gabungan penanggulangan bencana, kemudian perlu peningkatan kualitas data informasi dan pelaporan kejadian bencana melalui optimalisasi pemanfaatan posko peralatan teknologi informasi dan komunikasi,  pembentukan dan pengembangan daerah bencana untuk membangun kemandirian masyarakat dalam menghadapi dan menanggulangi bencana alam yang terjadi, serta perlu pemberian kemudahan bagi keterlibatan swasta dan masyarakat dalam mendukung penyelenggaraan penanggulangan bencana alam.

Dirinya pun mengimbau, agar seluruh masyarakat maupun personil harus siap siaga selalu karena bencana tidak bisa kita prediksi. Makanya apel kali ini akan memperkuat kita, kesolitan kita, koordinasi antar stakeholder dalam mengantisipasi bencana yang akan timbul di Sulut. “Peran serta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat di seluruh Provinsi Sulut menjadi kunci kesuksesan kita dalam penanggulangan bencana baik menjelang Pilkada maupun perayaan Nataru. Lebih baik mandi berkeringat dalam latihan dari pada mandi darah saat pertempuran,” ucapnya.

Sementara itu, General Manager PLN UIW Suluttenggo Leo Basuki, mengatakan apel ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan PLN terlebih jika ada iven yang akan dilaksanakan. Cuaca ekstrim La Nina, Pilkada dan Nataru ini yang tentunya kami harus siap siaga.

“Kegiatan saat ini secara serentak dilaksanakan juga di Provinsi Sulawesi tengah dan Gorontalo, jadi kami sangat siap. Tentunya kesiapan pertama adalah doa, persiapan jaringan,kesiapan personil bagaimana mereka bertugas sampai dengan tingkat staminanya,” tuturnya.

Ditambahkan, Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, bahwa apel dan simulasi kali ini bisa memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa seluruh aparat keamanan di Sulut dan pemerintah serta stakeholder dan masyarakat siap untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada sekaligus mengatasi bencana alam yang akan dihadapi di masa-masa yang datang. “Kita berharap mudah-mudahan bencana alam tidak terjadi di wilayah kita Provinsi Sulut,” ucapnya. Kata Irjen Panca, kurang lebih seribu personil yang tergabung dalam seluruh komponen masyarakat dan stakeholder yang ada di luar petugas-petugas yang akan mengamankan pelaksanaan pengamanan Pilkada dan dari Polda sendiri kita melibatkan dua pertiga dari seluruh kekuatan yang ada di Polda Sulut untuk penanganan bencana. (Lina Pendong)

-

Artikel Terbaru

Mor-HJP Kantongi 126.124 Suara Kans Menang

Pasangan Calon Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan dan Wakil Wali Kota Manado Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) kans menang di Pilwako Manado, 9 Desember.

Tetap Sapa Warga Walau Hujan, SGR Banjir Pujian

Calon Bupati Minut Shintia Gelly Rumumpe (SGR), Senin (30/11) menyapa masyarakat yang ada di Kecamatan Likupang Timur. Hujan tak menghalangi SGR bertemu warga. Begitu juga warga yang rela hujan-hujanan demi bertatap muka dengan calon nomor urut 1 itu.

Ingin Bertemu VAP, Ribuan Warga Kotamobagu, Boltim dan Bolmong Turun ke Jalan

Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP), dinilai sosok yang paling pantas dan tepat memimpin Sulawesi Utara (Sulut).

Ini Nih Tips Hadapi Aquaplaning saat Hujan

MANADOPOST.ID—Daihatsu bersama GT Radial kembali selenggarakan acara bertajuk Ngobrol Asik dengan konsep talkshow yang edukatif dan dapat dinikmati oleh Sahabat Daihatsu di seluruh Indonesia. Kali ini, Daihatsu membahas seputar tips teknik berkendara dalam mengantisipasi berbagai kondisi, khususnya saat musim penghujan dan menghadapi kondisi Aquaplaning.

Humiang Lantik Ketua dan Pengurus Karang Taruna 

Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi, melantik pengurus Karang Taruna Bitung masa bakti 2020-2025 di Lantai 4 Kantor Wali Kota Bitung, Senin (30/11).