31.4 C
Manado
Rabu, 4 Agustus 2021
spot_img

Pekan ini, Insentif Nakes Segera Cair

MANADOPOST.ID – Kabar gembira bagi Tenaga kesehatan (Nakes) yang saat ini sedang berjibaku melawan pandemik Covid-19, yang kembali merebak. Pasalnya insentif Nakes, dalam pekan berjalan ini sudah akan dicairkan oleh pemerintah.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulut dr Debie Kalalo. Menurutnya, proses pencarian insentif bagi Nakes sementara diproses, dan akan segera mungkin disalurkan. “Iya pekan ini tinggal menunggu proses pencairan insentif bagi Nakes. Namun sebagai sudah cair dan menerima insentif. Pembayaran tinggal sisanya,” tuturnya.

Sementara itu, Sulut yang juga mendapatkan teguran Mendagri atas realisasi anggaran Covid-19. Sulut disebutkan Mendagri belum melakukan realisasi innakesda yang bersumber dari refocusing 8 persen DAU/DBH TA 2021 yang dianggarkan APBD TA 2021 sebesar Rp 39,9 persen. Kalalo juga mengatakan bahwa, realisasi tersebut juga sementara berproses.

“Kendalanya petugas rumah sakit sekarang punya tugas ganda mengatur pasien Covid-19 dan pasien non Covid-19. Sehingga mengalami keterlambatan membuat administrasinya. Namun kami sudah siapkan bantuan tenaga administrasi dan mengatur mekanismenya agar bisa dipercepat,” kuncinya. (Balladewa Setlight)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru