28.4 C
Manado
Jumat, 30 Juli 2021

Pemprov Tuntaskan Temuan BPK 

MANADOPOST.ID – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) waktu lalu telah memberikan sejumlah catatan terhadap temuan administrasi dalam pemeriksaan keuangan yang telah dilakukan. Karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) terus berupaya agar temuan tersebut bisa dituntaskan. Dan pada tindaklanjut rekomendasi hasil pemeriksaan, pada semester I tahun 2021, sudah 79,04 persen berhasil diselesaikan.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut Edwin Silangen, Senin (19/7) kemarin. Menurut Silangen, bahwa pihaknya terus berupaya agar tindaklanjut hasil pemeriksaan akan meningkat pada semester II. “Ya kita akan lebih berusaha meningkatkan upaya tindaklanjut hasil pemeriksaan sehingga Provinsi Sulut akan mencapai minimal 80 persen pada semester II 2021 dan juga untuk seluruh pemerintah daerah di Sulut. Karena secara keseluruhan tindaklanjut pemeriksaan sudah mencapai 79,04 persen di semester pertama,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sulut Karyadi mengapresiasi Pemprov Sulut, Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Bolaang Mongondow karena telah melakukan tidaklanjut atas rekomendasi yang diberikan BPK. “Dokumen administrasi yang jadi temuan, telah ditindaklanjut. Itu sesuai dengan pemantauan tindaklanjut rekomendasi hasil pemeriksaan semester I tahun 2021. Upaya agar menyelamatkan kerugian negara tentu diseriusi Pemprov bersama pemerintah daerah yang lain. Ini patut kita apresiasi atas keseriusan dalam tindaklanjut temuan yang ada,” katanya.

Karyadi juga mengatakan bahwa, untuk capaian tindaklanjut rekomendasi hasil pemeriksaan semester I tahun 2021, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara telah menyelesaikan 36,02 persen, diikuti oleh Kota Kotamobagu dengan 29, 89 persen dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dengan capaian 22,92 persen. “Saya sekali lagi mengapresiasi upaya seluruh pemerintah daerah dan penanggung jawab tindak lanjut karena telah mampu meningkatkan capaian tindaklanjut pada semester I tahun 2021 sehingga mencapai 79,04 persen. Di semester II kita harapkan untuk lebih ditingkatkan lagi,” kuncinya. (Balladewa Setlight)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru