25.4 C
Manado
Sabtu, 31 Juli 2021

Kawasan Industri Mongondow Mulai Dilirik Investor

MANADOPOST.ID – Kawasan Industri Mongondow (Kimong), dipastikan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey (OD) bakal segera running. Pasalnya Kimong, menurut Gubernur OD, telah disetujui Pemerintah Pusat dengan mekanisme pembiayaan investasi. Hal ini dibeberkan Gubernur OD, bahwa status Kimong sama seperti pembangunan jalan tol dimana akan dikeroyok secara bersama antara pusat dan daerah.

“Pusat sudah menyetujui Kimong ini. Dan mekanismenya sama seperti pembangunan tol yakni investasi. Saya sudah tawarkan Kimong ini kepada banyak investor agar segera masuk dan melakukan pembangunan. Keuntungan dari mekanisme investasi adalah dapat dikeroyok secara bersama. Pusat menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sedangkan kita pakai APBD, dan ada pembiayaan dari investor. Jadi bisa dipercepat karena keterlibatan banyak pihak,” ungkapnya.

Gubernur OD juga mengatakan bahwa, semangat pembangunan Kimong, tidak tertahankan oleh karena pandemik Covid-19. Bahkan Kimong menurutnya, bakal masuk sebagai program prioritas nasional. “Jadi kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat, harus tetap dijamin setiap penyelenggara. Dan saat ini Pemprov Sulut mendapatkan perhatian yang tinggi dari pemerintah pusat. Karena itu, banyak hal yang bisa dilakukan di tahun 2021 ini. Saya sangat yakin, di tahun 2021 ini tidak ada hambatan yang akan terjadi. Karena sinergitas antara Pemprov dan pemerintah di kabupaten/kota semakin baik. Jadi kita yakin pembangunan akan berjalan baik,” urainya.

OD juga mengatakan, bahwa telah mempersiapkan Kimong dengan sangat matang. Beberapa investor juga disampaikan Gubernur OD, telah menunjukkan minat yang besar untuk masuk di Kimong. “Ya kita akan melibatkan langsung semua pemerintah kabupaten/kota dalam setiap program pembangunan termasuk Kimong. Dengan sinergitas yang semakin baik akan membuat kesuksesan dari penjabaran RPJMD, bisa berjalan dan dirasakan masyarakat secara langsung. Karena itu, tahun 2021 ini walaupun pandemik Covid-19, masih berlangsung tetapi merupakan tahun berkat bagi Bumi Nyiur Melambai ini,” jelasnya.

OD juga menegaskan bahwa dirinya telah berkoordinasi dengan pihak keamanan guna kesuksesan semua investasi di Sulut. “Saya sudah bertemu dengan Kapolda dalam melakukan koordinasi terkait kesuksesan investasi di daerah. Baik untuk proses pembangunan KEK yang sementara berjalan. Maupun pembangunan Kimong kedepan. Dan Pak Kapolda juga menyatakan diri siap untuk terus mengawal proses kesuksesan investasi di Sulut. Saya juga telah memerintahkan kepada Asisten I maupun Kesbangpol serta Satpol-PP agar menyelesaikan apa saja yang jadi kendala dalam semua proses investasi di Sulut,” tandasnya. (Balladewa Setlight)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru