alexametrics
31.4 C
Manado
Senin, 27 September 2021
spot_img

Sulut Bakal Miliki Kereta Api? Dimana Jalurnya?

MANADOPOST.ID – Infrastruktur di bidang transportasi, terus mendapatkan perhatian khusus Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) Bahkan tak main-main, kereta api Manado-Bitung juga telah disiapkan Pemprov Sulut.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan Daerah Provinsi Sulut Lynda Watania, Kamis (27/5) kemarin. Dirinya juga mengatakan rencana pembangunan rel kereta api adalah rencana dari Kementerian Perhubungan Dirjen Perkeretaapian.

“Ini memang lobi-lobi dari Pak Gubernur Olly Dondokambey, dan memang mendapatkan dukungan pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan RI. Saat ini (kemarin, Red) kita sudah melakukan sosialisasi untuk perwujudan kereta api Manado-Bitung ini,” sebutnya.

Wantania juga mengatakan bahwa, untuk jalur kereta api Manado-Bitung akan dibangun dengan panjang 42 kilometer. Di mana, dari jalur itu direncanakan memiliki 5 stasiun, yakni di Manado, Airmadidi, Girian, Bitung kota dan Bitung pelabuhan, dengan lahan yang dibutuhkan 285 ha.

“Jalur kereta api ini memiliki potensi untuk angkutan kerja, penumpang antar kota, barang antar kota, container dari Pelabuhan Bitung dan KEK menuju dry port di Stasiun Manado. Ini akan sangat penting dan strategis di Provinsi Sulut,” jelasnya.

Ditambahkan Watania, konsep persiapan jalur kereta api ini sudah ada sejak 2016. Namun, proses pembangunan hingga kini belum bisa dijalankan. Karena masih menyiapkan berbagai dokumen studi kelayakan, serta persiapan lainnya seperti jalur, trase dan titik-titiknya.

“Masterplannya sudah siap tapi memang perlu adanya study-study kelayakan untuk mendukung pembangunan kereta api. Jika semuanya sudah siap, akan terbentur dengan anggaran. Sebab, diperkirakan anggaran yang dibutuhkan sebanyak 65 triliun. Jadi, pembangunan fisiknya bisa ditawarkan ke APBN atau pihak swasta. Tentunya kita terus mendorong hingga jalur kereta api ini bukan sekadar mimpi,” imbuhnya.

Sementara itu, Pakar Pemerintah Dr Alfons Kimbal mengatakan bahwa, kereta api Manado-Bitung merupakan hal yang harus didorong Pemprov Sulut.

“Karena ini juga menjadi salah satu syarat perwujudan kota metropolitan Manado. Dimana salah satu aspek yang harus dipenuhi adalah masalah transportasi. Selain pembangunan gedung baru untuk ibu kota, harus ada infrastruktur transportasi massal yang menghubungkan kota-kota besar di sekitar ibu kota. Lebih baik jika Tol Manado-Bitung dipercepat dan ada juga kereta api ini. Kemudian ada kereta api atau Trem. Jadi ini perlu perhatian dari pemerintah pusat. Karena ini juga membutuhkan anggaran yang luar bisa besar,” kuncinya. (Balladewa Setlight)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru