28.4 C
Manado
Jumat, 30 Juli 2021

Program Kemitraan Masyarakat Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Manado di Kelurahan Paniki Bawah, Kecamatan Mapanget, Manado

MANADOPOST.ID— Pembangunan Rumah Sehat di Kelurahan Paniki Bawah telah menjadi salah satu program prioritas pemerintah tahun 2020-2021, untuk meningkatkan kesehatan masyarakat melalui hunian sehat, yang pada gilirannya masyarakat sehat dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Pemerintah Kelurahan Paniki Bawah Kecamatan Mapanget perlu secara aktif dan kreatif mengusahakan warga masyarakatnya agar menyadari pentingnya suatu tempat tinggal yang memenuhi syarat kesehatan, sehingga mampu merencanakan membangun rumah sehat baik di waktu sekarang maupun diwaktu mendatang, serta lebih aman terhadap bencana gempa.

Untuk itu, masyarakat dan Pemerintah Kelurahan Paniki Bawah memerlukan pengetahuan dan pemahaman merencanakan rumah sehat yang lebih aman sebagai tempat bernaung setiap hari, serta keterampilan menganggarkan anggaran biaya kasar (taksiran) bangunan rumah sehat yang lebih aman.

Untuk menunjang program pemerintah tersebut, pada Jumat 25 Juni 2021 di Kantor Kelurahan Paniki Bawah Kecamatan Mapanget Kota Manado, Tim Pelaksana Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Manado, telah melaksanakan kegiatan pelatihan dengan peserta pelatihan yang diwakili oleh Ketua LPM Ibu Olga Rambing dan seluruh Kepala Lingkungan.

Tim Pelaksana PKM Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Manado terdiri dari Prof. Dr. Ir. Debby Willar, ST., MEngSc sebagai Ketua Tim, dan para anggota terdiri dari: Ir. Jemmy Rangan, MT; Dr. Don Kabo, SST., MT; Novatus Senduk ST., MT; Deyke J. F. Mandang, ST., MM; Estrellita Varina Yanti Waney, ST, MEngMgt; M. Y. Noorwahyu Budhyowati, ST., Mars., dari Universitas Negeri Manado; Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil.

Pelatihan-pelatihan bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat Kelurahan Paniki Bawah untuk merancang rumah sehat dan aman terhadap bencana gempa, serta keterampilan menghitung anggaran biaya kasar (taksiran) bangunan rumah sehat yang lebih aman.

Selesai kegiatan PKM, Lurah Paniki Bawah, Bapak Jerriel H. Tumiwa, SE., mengharapkan Ketua LPM dan para Kepala Lingkungan meneruskan informasi dan materi pelatihan kepada masyarakat agar dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan untuk merencanakan dan membangun rumah sebagai tempat tinggal yang memenuhi syarat kesehatan dan kenyamanan, syarat keamanan terhadap gempa, serta dapat menyiapkan anggaran secara umum (taksiran) untuk membangun ataupun merenovasi rumah agar lebih sehat dan lebih aman.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru