33 C
Manado
Minggu, 16 Mei 2021
spot_img

Sudah Tayang di Disney+ Hotstar, Berikut Sinopsis Film Terbaik Oscars 2021 Nomadland

MANADOPOST.ID – Film Nomadland berjaya di ajang Academy Award atau The Oscars 2021. Film tersebut sukses meraih tiga piala lewat kategori prestisius: Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Aktris Pemeran Utama Terbaik.

Film ini menempatkan Fern (Frances McDormand) sebagai tokoh utama. Di usia 61 tahun, hidup Fern runtuh. Dia kehilangan pekerjaan setelah perusahaan papan gipsum di kotanya tutup. Bahkan, Empire, tempat tinggalnya, dicoret dari peta. Kota gurun kecil di Nevada itu tak lagi diakui. Penduduknya memilih pindah, menyisakan Fern yang hidup sendiri setelah suaminya berpulang.

Fern memulai awal baru. Dia memilih tinggal di van. Perjalanan itu mempertemukannya dengan nomaden berusia sepuh maupun muda. Ada Swankie (Charlene Swankie) –penderita kanker stadium lanjut– hingga nomaden cekatan yang baik hati, Dave (David Strathairn). Selama hidup nomaden itu, Fern terus berpindah kerja demi mencukupi kebutuhan.

Niat kuat Fern diuji saat Dave menyatakan perasaan. Dia mengajak Fern menetap di rumah di kota tepian pantai, yang dekat dengan anak dan cucunya. Namun, Fern kukuh.

Para produser film Nomadland menerima piala Film Terbaik Oscar ke-93 (AP)

Nomadland menceritakan realitas keluarga kelas pekerja Amerika Serikat yang hidup berpindah-pindah. Film adaptasi buku nonfiksi karya Jessica Bruder itu mengemas cerita nomaden dengan lebih melankolis dan intim, khas sutradara Chloe Zhao.

Penuturan tersebut didukung visual yang ”berbicara”. Dialog film cenderung singkat, namun amat kuat. Untuk mendukung penuturan ceritanya, Zhao mengundang para nomaden asli.

Sutradara jawara Oscars itu menjelaskan, Nomadland adalah refleksi masyarakat modern pada proses penuaan. ’’Perlakuan terhadap kalangan lansia mencerminkan suatu komunitas. Banyak orang menilai tua itu masalah. Padahal, itu adalah fase menuju kebijaksanaan yang manusiawi dan alami,” tegas Zhao, sebagaimana dikutip Vox.

Akting McDormand juga menjadi ’’nyawa” Nomadland. Menurut aktris 63 tahun itu, kekuatan film ada pada pengembangan karakter dan cerita. ’’Mungkin karena aku berusia 60 tahunan dan David 70 tahunan, kami tertarik dengan hubungan romantis antara dua tokoh lansia itu,” paparnya. Istri sutradara Joel Coen itu menyatakan, Nomadland menyentuh tanpa terkesan cengeng.

Chloe Zhao borong dua piala berkat film Nomadland .Dari sutradara dan sebagai produser. (AP)

Para kritikus pun sepakat bahwa Nomadland menampilkan kehidupan nomaden dari sudut pandang yang segar. ’’Kehidupan jalanan tidak pernah ditampilkan sehalus ini,” ungkap Ian Freer, kolumnis Empire. Film yang mengambil latar krisis ekonomi pada 2011 itu dinilai berhasil menyoroti isu yang sering terlupa.

’’Fern adalah jendela yang menunjukkan sisi pedih Amerika yang sering dilewatkan. Untung, Zhao jeli menangkapnya,” tulis Johnny Oleksinski dalam ulasannya di The New York Times. Bagi yang penasaran lebih lengkap ceritanya, film Nomadland bisa ditonton di streaming platform Disney+ Hotstar. (Jawa Pos)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru