32 C
Manado
Selasa, 24 November 2020

Allan Andrsn tentang Lagu Dear AA

DUNIA digital yang terus bergeliat sangat membantu para musisi lokal. Lewat platform music digital, karya mereka makin mudah dinikmati para penikmat musik. Allan Andrsn (AA) turut merasakan dampaknya. Musisi asli Sulawesi Utara ini telah merilis lagu teranyar bertajuk Dear AA di semua platform music digital. (*)

Dear AA kalau dilihat diambil dari inisial nama sendiri ya? Boleh ceritakan ini lagunya tentang apa?
AA: Iya dari nama saya. Lagunya sebenarnya dari refleksi hidup saya sendiri. Intinya tentang seseorang yang telah memberikan yang terbaik tetapi tetap tidak berhasil. Akhirnya memilih mencintai dirinya dahulu. Bila ingin dicintai, cintai dirimu. Makanya saya belajar untuk mencintai diri sendiri.

Lagunya dibuat sendiri? Inspirasinya darimana?
AA: Sebenarnya ada beberapa lagu yang saya tulis. Karena saya orangnya suka menulis juga. Semua inspirasinya dari kisah hidup saya sendiri. Kebanyakan lagu yang saya tulis tentang memberikan harapan. Di lagu Dear AA saya mendorong orang untuk mencintai diri sendiri dan bangkit dari keterpurukan.

Lagu Dear AA ditulis kapan ?
AA: Liriknya saya tulis November 2019. Waktu itu saya di Pattaya, Thailand. Ditulis hanya 11 menit saja, hehe. Tapi untuk aransemen musiknya dari teman saya, orang Manado juga. Dibuatnya di pertengahan tahun ini. Yang terlibat di pembuatan lagu ini semuanya orang Manado. Syuting klip videonya juga di Manado.

Alasan menulis lagu ini?
AA: Saya tidak pernah mengungkapkan ini ke siapa pun. Selama beberapa tahun saya berjuang dengan depresi. Menyadari berada di dunia dimana kita harus memenuhi ekspektasi orang lain. Saya berusaha sembuh, dan musik adalah cara saya pulih dari depresi. Melalui musik saya menyampaikan cintai dan terima apa adanya diri saya.

Lagu Dear AA sendiri ditulis dalam bahasa Inggris, kenapa?
AA: Saya ingin lagu ini dinikmati bukan hanya di Indonesia tetapi yang berada di luar negeri. Agar supaya pesannya juga sampai ke pendengar.

Sekarang Dear AA bisa didengarkan di sejumlah platform musik digital. Boleh tahu prosesnya seperti apa?
AA: Platform digital musik ini sangat membantu musisi indie seperti saya. Caranya memang mudah. Banyak musisi lokal di Manado juga sudah melakukannya. Pertama membuat membership pada agensi yang nantinya menjadi perantara dengan digital platform seperti TikTok, Apple Music, Spotify, Zhazam. Ajukan lalu menunjukkan bukti lagu ini original milik saya. Lima hari kemudian, permohonannya bisa diterima.

Terakhir, bagaimana Allan melihat capaian diri sampai sekarang sebagai musisi?
AA: Sebenarnya saya bermusik bukan untuk mencari ketenaran. Bermusik untuk mengekspresikan diri. Menciptakan lagu karena senang menulis dan bercerita. Bagi saya itu cukup. Kalau pun menjadi terkenal itu semua bonus.

FAKTA MENARIK ALLAN ANDRSN:

  • Menjadi kontestan di ajang The Voice Indonesia musim kedua. Dan coach-nya Allan waktu itu Agnez Mo.
  • Pernah bernyanyi di depan Presiden Republik Bashkortorstan di Rusia dan Presiden Tatarstan di Russia. Saat itu menyanyikan lagunya sendiri berbahasa Rusia kemudian dinyanyikan versi bahasa Inggris.
  • Sempat viral di Rusia dengan cover lagu Ты так красива (Ty Tak Krasiva).
  • Pernah bekerja sebagai penulis artikel promosi untuk brand Balenciaga di Shanghai.
  • Jago bahasa Rusia. Dan sempat menetap di sana.
  • Di tahun 2010 sempat cover lagu dan menjadi viral. Dari situ ia mendapat tawaran bergabung di label musik Ukraina.
-

Artikel Terbaru

517 Guru Honorer di Bolsel Bakal Terima BSU

MANADOPOST.ID--Sebanyak 517 guru honorer di Kabupaten Bolsel akan mendapatkan Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Tegas! Belum Kuorum, Silangen Skors Paripurna Penetapan RAPBD 2021

MANADOPOST.ID—Paripurna penetapan RAPBD 2021 yang digelar DPRD Provinsi Sulut terpaksa diskors. Agenda ini sebelumnya dijadwalkan pukul 11.00.

OJK Luncurkan Aplikasi UMKM-MU

MANADOPOST.ID— Minggu (22/11) pekan lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) genap berusia 9 tahun. Bertepatan dengan momentum itu pun, OJK meluncurkan aplikasi UMKM-MU, yaitu platform digital dalam bentuk website dan mobile app yang dikembangkan oleh OJK untuk membantu UMKM binaan dalam memperluas akses pasar secara digital.

11 Mitra Binaan Sulut `Disuntik` 1,7 Miliar

MANADOPOST-ID-- Pagi tadi sekira Pukul 10.22 WITA, Bertempat di Four Point by Sheraton Manado, PT Pertamina

FDW-PYR Banjir Dukungan di Kecamatan Sinonsayang

MANADOPOST.ID—Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar dan Pdt Petra Yani Rembang (FDW-PYR), terus menuai dukungan penuh masyarakat.