25.4 C
Manado
Jumat, 18 Juni 2021
spot_img

Kisah Perjuangan Raditya Oloan, yang Bangkit dari Masa Lalu Kelam hingga Jadi Pendeta

MANADOPOST.ID – Setiap orang pasti memiliki momen terpuruk dalam hidupnya yang akan tetap dikenang setelah kematiannya.

Seperti Raditya Oloan. Artis yang memilih jadi pendeta, menyisakan kisah haru biru. Sebab suami aktris Joanna Alexandra ini banyak menginspirasi orang untuk berubah jadi lebih baik, seperti dirinya yang berhasil bangkit dari keterpurukan masa muda.

Dilansir dari pojoksatu, Radit sempat mengalami masa kelam terlihat narkoba, keluar dari kampus dan segalanya.

Raditya Oloan

Dari berbagai video yang diunggahnya di media sosial miliknya, Radit sempat berulang kali menyemangati anak muda untuk bisa berubah.

“Ya hancur ya, benar-benar kehidupan masa lalu gua enggak dibangun. Benar-benar dirusak, dirusak. Ya di-drop out sekolah, drop out kampus. Bahkan gue bermimpi jadi dokter, bisa masuk kedokteran gigi waktu itu, tapi akhirnya gagal,” ujar pria 36 tahun itu di videonya beberapa waktu lalu.

Radit bahkan sempat ditangkap poslisi. “Kena kasus sama polisi, gara-gara gua pakai narkoba, kehidupan lama gua, gua nikmati susah gua lepasin,” lanjutnya.

Namun, ada satu titik, Radit merasa sudah saatnya berubah. Dan, dia melakukan itu perlahan.

“Satu waktu gua pengen berubah walaupun gua enggak bisa melihat masa depan. Gua enggak bisa melihat kehidupan yang saat ini. Gua cuma pengen berubah, gua lakukan perubahan itu sedikit demi sedikit. Gue enggak lihat di belakang bodoh amat,” ungkapnya.

Unggahan instagram Raditya Oloan

“Perasaan bersalah ada, takut ada, tapi gue terus melangkah, diam sejenak, jatuh bangkit lagi, bangkit terus, jangan pernah stop. Lakukan langkah kecil demi kecil, lihat nanti tiba-tiba besar,” bebernya.

Dia video lainnya, Radit tidak bosan menyuarakan perubahan. Terutama bagi mereka-mereka yang sudah putus asa dengan kehidupan.

“Buat elu yang berpikir masih belum bisa berubah, mikir udahlah hidup gua udah kayak sampah. Nih lu lihat, ini dulu gua, sekarang ini gue,” ujarnya.

Radit menyebut dulu dirinya pun pernah putus asa. “Gua juga dulu mikir enggak bisa berubah, kayaknya enggak bisa melihat jauh ke depannya, melihatnya gue hancur, gue rusak, enggak ada harapan, enggak ada sesuatu yang baik yang gua lihat di hidup gua,” lanjutnya

Namun, satu hal, Radit berusaha mulai percaya dengan Tuhan.

Cuma gua mengambil satu langkah, oke Tuhan gua mau coba percaya demi percaya. Akhinya gua enggak melihat masa depan, gua cuma peduli sama hari ini, gua mau belajar percaya untuk melangkah,” sebutnya.

Unggahan Raditya Oloan

Dan, akhirnya Radit memutuskan jadi pendeta dan kini jadi penyemangat bagi yang lain.

“Akhirnya hari ini Tuhan percaya gua untuk menuntun orang-orang untuk melangkah selangkah demi selangkah, yuk bangkit. Kalau gua bisa, lu pasti bisa!,” tegasnya.

Seperti diketahui, Radit menikah dengan Joanna pada 2007 lalu dan telah dikaruniai empat orang anak.

Radit meninggal setelah cukup lama mendapatkan perawatan di ICU karena Covid-19 dan penyakit asma bawaan. Tanggal 14 April Joanna mengabarkan suami, dirinya asisten rumah tangga, dan dua anaknya positif Covid.

Joanna dan Radit sempat dirawat di Wisma Atlet, tapi kemudian Radit dirujuk ke RSUP Persahabatan karena kondisinya memburuk. Joanna sendiri dalam beberapa hari sudah pulih kembali dari Covid.

Sebelum meninggal, Radit sejatinya sudah menerima hasil swab negatif Covid. Namun setelah itu malah kondisinya makin drop dan akhirnya Raditya menghembuskan nafas terakhir, kemarin, Kamis (6/5/2021). (nin/pojoksatu)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru