29.9 C
Manado
Jumat, 7 Mei 2021
spot_img

Fapet Unsrat Siap Bertarung di Lomba Inovasi Daerah

MANADOPOST – Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) bakal ambil andil dalam lomba inovasi daerah yang dilaksanakan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Sulawesi Utara. Hal ini disampaikan Dekan Fakultas Peternakan Unsrat Dr ir Yohannis L R Tulung MSi melalui Wakil Dekan Ir Boyke Rorimpandey, Selasa (4/5).

Rorimpandey mengatakan, hal tersebut telah diinformasikan ke civitas akademika yang kemudian diharapkan akan mengambil andil pada hajatan akademis itu. “Sudah kami sampaikan ke dosen-dosen dan mahasiswa,” ucap Rorimpandey.

Sebagaimana diketahui, Bapelitbang membuka lomba inovasi daerah dengan persyaratan peserta lomba adalah masyarakat Sulut dari perorangan atau kelompok dari kalangan pelajar, mahasiswa atau akademisi yang belum pernah meraih penghargaan atau juara pada lomba sejenis di tingkat regional maupun nasional.

“Dengan kriteria hasil kreativitas dan inovasi yang diusulkan adalah hasil karya asli perorangan atau kelompok atau bukan merupakan jiplakan atau plagiasi maupun adopsi,” ujar Kepala Balitbangda Sulut dr Jemmy Lampus melalui Sekretaris Ir Herny Korah.

Adapun dikatakan Herny Korah, bidang atau jenis inovasi terdiri dari bidang pariwisata, agribisnis dan pangan, pertanian dan peternakan, kelautan dan perikanan, kesehatan obat-obatan dan kosmetika, energi, kehutanan dan lingkungan hidup, kerajinan dan industri rumah tangga, pendidikan, rekayasa teknologi dan sosial. Dan untuk tata cara pengusulan, kata Herny, calon peserta mengisi formulir pendaftaran form satu untuk perorangan dan form dua untuk kelompok. “Untuk peserta yang mewakili institusi wajib menyertakan surat pengantar dari institusi,” ujar Herny.

Herni menjelaskan, untuk proposal usulan atau profil  temuan inovasi ditulis dengan format word pada kertas ukuran A4 huruf times new roman 12, maksimal 10 halaman dengan dilampiri gambar atau tabel sesuai kebutuhan dengan sistematika penulisan yang terdiri dari judul, abstrak, latar belakang, maksud dan tujuan, manfaat, spesifikasi, keunggulan dengan penemuan lain sejenis, penerapan pada masyarakat atau industri, perhitungan biaya serta prospek atau keberlanjutan.

“Pendaftaran dan pengumpulan proposal dimulai Tanggal 1 sampai dengan 31 Mei 2021. Penilaian dan seleksi administrasi Tanggal 1 sampai 12 Juni 2021. Pengumuman 10 finalis terbaik sebagai nominator 14 Juni 2021. Persentasi finalis 24 Juni 2021 dan penetapan pemenang 24 Juni 2021,” sebut Herny.

Adapun informasi pendaftaran bisa menghubungi Dr Eva Mukuan di nomor ponsel 0813 5620 2345. Sedangkan pihak penilai atau juri yakni Ketua ASITA Provinsi Sulut Merry Karouwan, Kepala Pusat Inovasi Kewirausahan Unsrat Dr Stenly Wulur MSi dan Filip Kapantow Wakil Pemimpin Redaksi Manado Post. (gregorius)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru