25 C
Manado
Selasa, 1 Desember 2020

MIS Siap Gelar Sekolah Tatap Muka

KEBIJAKAN pemerintah yang mulai memberlakuan sekolah secara tatap muka, disambut positif Manado Independent School (MIS). Berbagai persiapan matang pun dilakukan.

MIS memiliki standar operasional prosedur yang telah dan akan diterapkan sekolah untuk menghalau penyebaran Covid-19, karena kesehatan dan keselamatan seluruh warga sekolah menjadi prioritas paling tinggi. Beberapa protokol kesehatan yang telah dijalankan MIS seperti wajib menggunakan masker sebelum masuk ke gerbang sekolah, dilanjutkan dengan penyemprotan cairan disinfektan di kendaraan roda dua dan empat, kemudian pemeriksaan suhu badan sebelum masuk ke dalam area sekolah.

Terpasangnya hand sanitizer disetiap lorong sekolah, didalam kelas, juga disetiap ruangan kantor; kemudian pembersihan lingkungan sekolah lebih intensif. Di dalam ruang kelas, kantor dan cafetaria, telah terpasang sekat pembatas plastik yang memudahkan warga sekolah untuk menerapkan physical-distancing. Sistem shift juga diberlakukan bagi para siswa dalam penggunaan ruang kelas ditambah lagi MIS menyiapkan face shield serta masker untuk dibagikan ke seluruh siswa dan guru.

Saat ini, MIS masih menjalankan virtual learning yang diperkaya dengan hardware dalam setiap pembelajaran guru-guru dengan menggunakan graphic tablets atau drawing tablets yang memudahkan pengajar untuk menggambar dengan tangan dan memasukan gambar langsung ke komputer seperti menggambar langsung di atas kertas menggunakan pensil hingga membuat kegiatan belajar mengajar lebih hidup dan menarik perhatian siswa lebih fokus.

Diakui Vijaya Kollabathula PhD, kepala sekolah SMA MIS, untuk memenuhi pembelajaran yang telah dirancang guru-guru melalui course outline, maka tenaga pendidik MIS menggunakan model pembelajaran inovatif melalui online media. “Guru-guru merekam materi belajar dahulu, kemudian hasil rekaman digunakan saat kegiatan belajar-mengajar menggunakan Google Meet sambil mendiskusikan bersama dengan siswa. Konten yang telah diputar saat Google Meet ini tersimpan di google classroom untuk memudahkan siswa mengakses materi video untuk bisa dipahami kembali,” tuturnya.

MIS juga telah memiliki Media Center selayaknya studio rekaman. Dilengkapi dengan 3 kamera baru berkualitas tinggi yang merupakan hadiah dari kelas tamatan Angkatan 2020 untuk setiap jenjang TK dan SD, SMP, serta SMA MIS agar memudahkan merekam dan memproduksi content pembelajaran bahkan aktivitas yang akan dipersembahkan kepada siswa; perlu diketahui MIS juga menggunakan OBS (Open Broadcast Software) aplikasi video recording dan live streaming yang memiliki performa audio/video capture dan mixing yang baik, serta dilengkapi dengan scene yang tanpa batas.

Dilengkapi dengan 5 ruang lab komputer dan ratusan komputer, siswa-siswa yang memiliki gangguan internet dirumah bisa datang ke MIS untuk menggunakan fasilitas ini; pastinya MIS tetap memberlakukan prokol kesehatan bila siswa datang ke sekolah.

Selain itu, MIS memberikan pelatihan atau training secara daring kepada seluruh tenaga pengajarnya dari jenjang TK, SD, SMP dan SMA dimana inovasi ini dilakukan agar pembelajaran tetap berjalan secara efektif dan efisien melalui perencanaan pembelajaran yang matang. Pelatihan webinar yang berlangsung melalui aplikasi Google Meet telah berlangsung sejak Senin 5 Oktober- Rabu 28 Oktober 2020.

Mendatangkan narasumber John Darryll S Mercado sebagai Google Certified Trainer dan Innovator dari Philippines, yang membahas tentang ‘Google Suite for Education Fundamentals Training’ dan trainer dari Jakarta membahas tentang WACOM.

Upaya MIS yang siap membuka sekolah pada masa new normal benar-benar dilakukan sangat maksimal memenuhi seluruh syarat yang diberlakukan terlebih khusus protocol kesehatan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan sehat. (*)

-

Artikel Terbaru

Mor-HJP Kantongi 126.124 Suara Kans Menang

Pasangan Calon Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan dan Wakil Wali Kota Manado Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) kans menang di Pilwako Manado, 9 Desember.

Tetap Sapa Warga Walau Hujan, SGR Banjir Pujian

Calon Bupati Minut Shintia Gelly Rumumpe (SGR), Senin (30/11) menyapa masyarakat yang ada di Kecamatan Likupang Timur. Hujan tak menghalangi SGR bertemu warga. Begitu juga warga yang rela hujan-hujanan demi bertatap muka dengan calon nomor urut 1 itu.

Ingin Bertemu VAP, Ribuan Warga Kotamobagu, Boltim dan Bolmong Turun ke Jalan

Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP), dinilai sosok yang paling pantas dan tepat memimpin Sulawesi Utara (Sulut).

Ini Nih Tips Hadapi Aquaplaning saat Hujan

MANADOPOST.ID—Daihatsu bersama GT Radial kembali selenggarakan acara bertajuk Ngobrol Asik dengan konsep talkshow yang edukatif dan dapat dinikmati oleh Sahabat Daihatsu di seluruh Indonesia. Kali ini, Daihatsu membahas seputar tips teknik berkendara dalam mengantisipasi berbagai kondisi, khususnya saat musim penghujan dan menghadapi kondisi Aquaplaning.

Humiang Lantik Ketua dan Pengurus Karang Taruna 

Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi, melantik pengurus Karang Taruna Bitung masa bakti 2020-2025 di Lantai 4 Kantor Wali Kota Bitung, Senin (30/11).