29.9 C
Manado
Jumat, 7 Mei 2021
spot_img

2.900 Guru P3K  di Sulut Kans Diangkat ASN

MANADOPOST.ID-Kurangnya guru berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau di Sulut, membuat Gubernur Olly Dondokambey SE mengusul langsung ke MenPAN RB Tjahjo Kumolo, agar dibuka jalur formasi guru. Dimana data yang dirangkum Manado Post, guru non ASN atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) di Sulut berjumlah sekira 2.900 sesuai data pokok pendidikan (Dapodik). Mereka berpeluang diangkat jadi ASN.

Kepala Dikda dr Liesje Grace Punuh MKes melalui Kepala Bidang (Kabid) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Merlinda Mamesah SPd mengatakan, upaya lobi langsung Gubernur ke KemenPAN RB adalah terobosan yang luar biasa.

“Kami berharap tentunya P3K bisa diangkat jadi PNS. Aturan mengenai itu masih ditunggu. Kalau sudah ada, tentunya sangat menggembirakan bagi P3K,” kata Mamesah.

Adapun, sebut Mamesah, posisi sekarang sebanyak 4.938 guru status ASN. Jika ditambah dengan pengawas berjumlah sekira 5.070  guru. Kemudian  2.900-an tenaga guru dengan status P3K. “Juga ada 400-an PNS tenaga guru yang baru diangkat menjadi ASN,” beber Mamesah.

Sementara itu, Ketua PGRI Sulut Drs Star Wowor MSi menilai upaya gubernur pasti bagian dari komitmen baik sebagai perhatian untuk mengupayakan pendidikan lebih kuat. Sebab, kata Wowor, central figure dalam memajukan pendidikan tergantung pada kuantitas dan kualitas guru.

“Bagi PGRI pasti akan mendorong dan mau juga turut menyuarakan permintaan Pak Gubernur. Baik melalui PGRI pusat maupun turut langsung menyuarakan ke Mendikbud dan MenPAN,” tegas Wowor.

Namun, menurut Wowor, harus dengan bekerja secara profesional agar jelas kebutuhan guru mata pelajaran untuk tingkat SMP, SMA dan SD dan jumlah guru kelas. “Besok (hari iji, red) kami akan konsolidasi rapat perdana pengurus untuk melengkapi perangkat organisasi PGRI Sulut, sekalian merencanakan untuk persiapan membedah kendala dan tantangan untuk pendidikan Sulut menjadikan SDM berkualitas komprehensif,” ujar Wowor.

Eks Kadis Dikda ini menambahkan, PGRI sebagai mitra pemerintah membangun pendidikan yang lebih baik, pasti akan mengawal keberadaan guru dalam berkontribusi untuk peningkatan kualitas pendidikan di Sulut yang akan berkolaborasi dengan stakeholder pendidikan.

“PGRI akan mengawal profesionalitas dan kesejahteraan guru, termasuk tenaga guru honorer. Saat ini PB PGRI sedang berjuang bagi kesejahteraan guru honorer. Yang pasti PGRI mendukung kepedulian Pak Gubernur atas pendidikan di Sulut,” kunci Wowor. (gregorius)

Data Guru di Sulut Semester 2020-2021:

Tomohon 1.486

Manado 5.750

Kotamobagu 1.174

Bitung 2.231

Minut 2.965

Mitra  1.806

Minsel 3.173

Minahasa 4.754

Talaud 2.323

Sitaro 1.219

Sangihe 2.356

Bolmut 1.622

Boltim 1.276

Bolsel 1.360

Bolmong 3.045

Jumlah 37.140

Sumber: Dapodikdasmen Kemendikbud

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru