32C
Manado
Minggu, 28 Februari 2021

Umat Berempati dan Doakan Korban Bencana

MANADOPOST.ID-Pimpinan dan Umat Konghucu di Manado, sepakat merayakan Tahun Baru Imlek 2572, Rabu (12/2) hari ini, dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Salah satu Pimpinan Pusat Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (MATAKIN) Sofyan Jimmy Yosadi SH mengatakan, sesuai dengan keputusan Pimpinan Pusat MATAKIN, di tengah pandemi Covid-19 tidak ada acara kumpul-kumpul perayaan Imlek.

“Kebiasaan kumpul keluarga besar makan bersama dan silaturahmi tidak diadakan, termasuk ritual peribadatan di Klenteng tidak dilaksanakan. Tidak ada barongsai. Ritual persembahyangan dilakukan di rumah masing-masing,” ujarnya.

Selain itu, katanya, umat diajak tidak merayakan secara besar-besaran. Apalagi terkesan mewah di tengah kesusahan banyak orang akibat perekonomian memburuk, bahkan banyak yang sedang menderita akibat bencana alam banjir, longsor, dan musibah lainnya.

“Umat Konghucu diminta harus berempati dan peduli dengan membantu sesama manusia apapun agamanya dan tidak membedakan etnis, ras golongan apapun,” ungkapnya.

Dia juga mengungkapkan, sebelum Imlek, biasanya ada sembahyang perpisahan Tahun dari umat Khonghucu dan diwajibkan untuk senantiasa berdoa tiada henti, agar pandemi segera berlalu, dijauhkan dari bencana.

“Umat Konghucu wajib menunjukkan sebagai warga Negara Indonesia yang baik, warga masyarakat yang baik, mematuhi protokol kesehatan dan mematuhi anjuran pemerintah dengan siap di vaksin serta saling bergotong royong menghadapi semua situasi,” ungkapnya. “Semoga tahun baru Imlek 2572 membawa kedamaian dan harapan baru, semangat baru perubahan kearah yang lebih baik,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado Lenda Pelealu mengatakan, perayaan Imlek 2572 tidak ada perayaan sesuai surat yang masuk di Dispar dari MATAKIN. “Jadi tidak ada perayaan Imlek seperti tahun sebelumnya. Karena pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Kemarin, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Panca Putra didampingi Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong, beberapa PJU Polda dan Kapolresta Manado Kombes Pol Elvianus Laoly, juga melaksanakan kunjungan silaturahmi dengan Pengurus Klenteng Ban Hing Kiong yang terletak di Pusat Kota Manado, Kamis (11/2).

Kunjungan ke tempat ibadah Tridharma tersebut diterima oleh Pengurus Klenteng Ban Hing Kiong Manado, dipimpin Ketuanya Jemmy Binsar.

Menurut Kapolda, kunjungan tersebut sebagai kunjungan silaturahmi dan bentuk perhatian serta rasa sayang kepada seluruh warga negara Indoneisa. “Kunjungan saya kesini bersama Pak Danrem untuk memastikan bahwa dalam rangka memasuki Tahun Baru Imlek 2572, akan dilaksanakan ibadah di tempat ini, semuanya bisa berjalan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Panca Putra.

Mantan Direktur Penyidikan KPK ini pun mengatakan sudah mendapatkan penjelasan dari pemimpin klenteng, bahwa kegiatan di tempat tersebut sudah dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Bahkan katanya, kegiatan yang bersifat mengumpulkan banyak umat sudah dikurangi jauh dan kalaupun ada umat yang melaksanakan ibadah, tetap memperhatikan protokol kesehatan. “Terima kasih atas kerja sama yang telah dilakukan dan mudah-mudahan malam pergantian tahun tetap berjalan dengan baik dan memperhatikan protokol kesehatan,” pungkas kapolda.(ite/gnr)

Artikel Terbaru