31 C
Manado
Selasa, 14 Juli 2020

Ikut Terdampak Covid-19, Maesa Amerika Ingat Kampung Halaman

Mengakhiri masa tugas, pengurus Maesa Amerika menggelar aksi sosial. Membantu warga Sulut yang kurang mampu dan benar-benar terkena dampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Berikut liputannya.

Laporan: Gregorius Mokalu, Bitung

TOU Kawanua yang tergabung dalam organisasi Maesa Amerika, beryukur atas penyertaan Tuhan bagi mereka di tengah Pandemi Covid-19. Walaupun  ikut terkena dampak Covid-19, tapi tidak sampai jadi korban.

Amerika yang dampaknya lebih parah dibanding Indonesia, tak membuat para kawanua putus asa. Mereka masih ingat saudara di kampung halaman, dan berkesempatan beramal bagi keluarga yang kurang mampu.

Aksi sosial ini bertepatan juga dengan pergantian kepengurusan Maesa America dari Ketua Lama Jefry Malonda ke ketua baru Alfrits Monintja. Ini kegiatan terakhir pengurus yang lama sebelum serah terima kepada pengurus baru.

Kamis (18/6) kemarin, terik panas matahari tak menyurutkan niatan Maesa Amerika  menyalurkan bantuan kepada warga Pulau Lembeh. Warga yang beraktivitas di negeri Paman Sam di dalamnya ada pengurus yang ada di Kota Bitung, tergerak hati meringankan beban warga yang terdampak situasi pandemi Covid-19.

Maesa Amerika melalui insiatif Ketua Jeffry Malonda kemudian menggerakan pengurus yang ada di Sulut dan Bitung tepat Pukul 10.00 WITA pagi kemarin, menyeberang ke Pulau Lembe dengan kapal penyeberangan atau kapal feri ke Pelabunan Papusungan, Lembeh, Bitung.

“Bantuan yang diberikan berupa beras 10 kilo dan 2 kilo gram minyak goreng tiap keluarga. Diterima oleh 100 keluarga yang kami anggap layak untuk menerima,” tutur Isye Ranti dan Marcelino Jubintor yang menyalurkan bantuan.

Menurut Marcelino Jubintoro, adalah rencana Tuhan sehingga Pulau Lembeh dipilih untuk menjadi salah satu lokasi penyaluran bantuan. “Dan harapannya tentu bantuan yang diberikan menjadi berkat bagi masing-masing keluarga yang menerima,” tutur Marcelino seusai menyalurkan bantuan siang kemarin.

Nampak juga warga penuh semringah menerima bantuan yang diberikan Maesa America. “Kami sangat berterima kasih karena disituasi seperti ini, ada orang  yang peduli dan memberikan bantuan,” ucap Naomi Ganap, Warga Kelurahan Kelapa Dua, Lembeh.

Para penyumbang diketahui yaitu Zisca Mewengkang, Syane Mamesah, Keluarga Irwan Datulangi, Keluarga Deddy Sumlang, Tammy Mamosey, May Pontoh & Sumi, Keluarga Widjaja Awuy, Nona Olivia Wangkay, Brandon Koloway, Andy Tungka, Keluarga Robert Mewengkang, Meidy Dendeng, Daniel Takalamingan, Keluarga Rampengan Marentek, Sezy Awondatu, Alland Rantung, Vallen Kaunang, Lydia Tuwaidan, Keluarga Rombot Liey, Masye Rantung Escobar, Joice Kalangit Brinkerhoff, Keluarga Pantolongan Mongilala, Keluarga Harly Tambuwun, Johny Walangitan, Jeffry Tendean. Lalu dari ketua lama Keluarga Jeffry Malonda dan ketua baru Keluarga Alfrits Monintja.

“Pengurus Maesa America menyampaikan banyak terima kasih kepada ibu Isye Ranti SE dan Bapak Ir. Yongky Tompudung dibantu Marcello Yubiantoro, Selvie Ranti dkk. Atas bantuan penyalurannya,” sebut Ketua Jeffry Malonda.(gre/gnr)

-

Artikel Terbaru

Terkait Penyaluran Bansos, Kumtua Tantang Warga Lapor Polisi

MANADOPOST.ID--Gencarnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dalam mensosialisasikan penyaluran bantuan sosial dimasa pandemi Covid-19, baik Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) maupun Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial ke Masyarakat ternyata berbanding terbalik yang dilakukan Pemerintah Desa Koha Timur Kecamatan Mandolang yang dilaporkan wargannya akibat dugaan ketidak terbukaan dalam penyaluran bantuan tersebut.

Satu Pasien Positif Covid-19 Tempati Rumah Singgah Tounsaru

MANADOPOST.ID--Setelah disiapkan beberapa waktu lalu, rumah singgah yang disiapkan khusus tempat isolasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kelurahan Tounsaru, Kecamatan Tondano Selatan, kini sudah ditempati.

ROR: Setengah Warga Minahasa Sudah Tersentuh BST dan BLT

MANADOPOST.ID--Bupati Minahasa Dr Royke Octavian Roring MSi (ROR) menyebut bantuan sosial yang yelah disalurkan pemerintah terhitung sudah setengah mencakup jumlah penduduk Kabupaten Minahasa.

Penutupan Kelurahan yang Belum Terpapar Covid-19 Ditunda

MANADOPOST.ID—Kabar penutupan sejumlah kelurahan yang belum terpapar Covid-19, mulai 16 hingga 19 Juli mendatang, ditunda pelaksanaannya. Itu diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kota Tomohon Yelly Potuh SS, dalam keterangan persnya, Senin (13/7) kemarin.

Polisi Amankan 350 Liter Captikus di Pelabuhan

MANADOPOST.ID--Sebanyak 350 Liter minuman keras (miras) ilegal jenis captikus yang di selundupkan di pelabuhan Melonguane menggunakan kapal KM Barcelona 2, berhasil di gagalkan Polres Talaud melalui Polsek Melonguane.