25C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

Ibadah Haji Belum Dapat Kepastian

MANADOPOST.ID– Ibadah Haji belum juga mendapat kepastian dari pemerintah. Hal ini terungkap pada rapat kerja Jajaran Bidang Ibadah Haji dan Umrah di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulut, Senin (18/1) lalu.

Kabid PHU, H Rikson Hasanati mengatakan, pemberangkatan dan penyelenggaraan ibadah haji masih dalam proses konsolidasi dengan pihak pemerintah Arab Saudi apakah bisa terlaksana pada 2021 atau akan tertunda kembali.

Karena itu, dia meminta seluruh jemaah calon haji khususnya di Sulut untuk bersabar menunggu informasi lebih lanjut dari pemerintah Indonesia.

Meski begitu, Hasanati menyebut pemerintah telah menyiapkan tiga skema dalam pelaksanaan ibadah haji yaitu pertama jemaah berangkat seluruhnya, kedua hanya 50% yang diberangkatkan; atau tertunda kembali.

Apapun yang bakal diputuskan pemerintah, dia meminta seluruh Kemenag Kabupaten/Kota untuk tetap menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan haji sebagai layanan unggulan Kementerian Agama.

Sementara itu, Kasie PHU Kemenag Bolmong Hendrongi Ngampo menyebut, jemaah calon haji di wilayahnya akan segera diberikan informasi dan pemahaman untuk bersabar dan menunggu petunjuk pemerintah.

“Yang pasti pelayanan dan pembinaan calon haji yang batal berangkat tahun lalu, akan terus diberikan berupa manasik dan sebagainya,” pungkasnya. (ite)

Artikel Terbaru