33.4 C
Manado
Kamis, 17 Juni 2021
spot_img

Ini Laporan Umum Ketua Umum Panitia SMSI ke-80 GMIM

MANADOPOST.ID–Dengan memanjatkan puji syukur kepada TUHAN Yesus Kristus selaku Kepala Gereja, Ketua Umum Panitia Pnt Royke O Roring (ROR) pada pembukaan SMSI ke 80 GMIM yang digelar di GMIM Imanuel Leilem, Senin (29/3) membacakan seluruh laporan kegiatan.

Dalam laporan, ROR menyampaikan atas nama seluruh Panitia Pelaksana melaporkan kepada Gubernur dan kita sekalian mengenai penyelenggaraan Sidang Majelis Sinode Istimewa tahun 2021 sebagai berikut:

1. Pelaksaan Sidang Majelis Sidode Istimewa ke 80 sebenarnya telah diagendakan pada tahun 2020, namun karena Pandemi Covid 19, sehingga ditunda pelaksanaannya pada hari ini Senin 29 Maret 2021.

2. Persidangan SMSI ke 80 diselenggarakan secara daring (virtual) yang terbagi dalam 57 Kelompok (cluster) Persidangan di tanah Minahasa dan 25 lokasi jemaat di luar tanah Minahasa dengan pusat persidangan berada di Gereja GMIM Imanuel Leilem Wilayah Sonder. Dalam setiap kelompok Persidangan berjumlah antara 20-45 orang, khusus untuk jemaat di luar tanah Minahasa masing-masing berada di lokasi jemaat dengan keterwakilan 1 orang.

3. Pelaksanaan Sidang didahului dengan 2x simulasi sebagaimana layaknya persidangan virtual dengan pendampingan dari Panitia Penyelenggara disetiap kelompok Persidangan sampai pada hari persidangan, hari ini, dimana dalam 2 simulasi memberi motivasi kepada Panitia bahwa semua Cluster sudah siap dengan pelaksanaan secara Virtual. Karena itu, pelaksanaan Sidang Sinode Istimewa ke 80 tahun 2021 ini merupakan sejarah baru bagi GMIM dan menjadi momen yang sangat yang memiliki nilai strategis, karena mampu dilaksanakan secara Virtual dengan melibatkan peserta yang cukup besar. Hal ini tentu akan menginspirasi pelaksanaan sidang sidang lainnya dan bahkan bagi masyarakat Sulawesi Utara dan Indonesia secara keseluruhan.

4. Jumlah peserta sidang yang terundang sebanyak 1.779 orang dengan rincian utusan jemaat 1.524 orang; utusan wilayah 255 orang; BPMS GMIM 14 orang. Sementara itu, Jumlah Jemaat sampai saat ini sebanyak 1.013 jemaat (diantaranya 25 jemaat di luar tanah Minahasa) dan 129 wilayah (diantaranya 1 wilayah di luar tanah Minahasa) dengan jumlah anggota jemaat 803.499 (hanya di tanah Minahasa), anggota jemaat di luar tanah Minahasa sementara di sensus.

5. Pelaksanaan Sidang ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, dimana sejak beberapa minggu yang lalu para peserta telah dilakukan Vaksin Covid 19, demikian juga dalam menghadiri Sidang ini para peserta sejak kemarin sampai hari ini melakukan Rapid Anti Gen yang didukung sepenuhnya oleh Bapak Gubernur Sulawesi Utara dengan memberikan bantuan 2000 Vaksin dan 2000 Rapid Antigen. Demikian halnya pengaturan Sidang dilakukan dengan protokol kesehatan secara ketat, dimana hal ini menunjukkan bahwa GMIM dalam persidangan ini betul-betul mengedepankan Protokol Kesehatan.

6. Penyelenggaraan Persidangan ini sepenuhnya mendapat dukungan dari Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara melalui Gubernur Sulawesi Utara Bapak Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Bapak Steven Kandouw, SE serta Forkopimda Sulawesi
Utara. Termasuk tentu yang ikut membantu secara langsung dalam pelaksanaan Sidang ini adalah Pihak Telkom, Telkomsel, Indihome dan Operator lainnya, serta PLN dan bahkan dukungan dari seluruh masyarakat, terutama Warga GMIM di seluruh wilayah pelayanan GMIM.

7. Last but Not Least, tentu dukungan danri semua masyarakat Desa Leilem dan bahkan masyarakat Kabupaten Minahasa sebagai tuan rumah pelaksanaan Sidang Sinode Istimewa ini lebih memberi arti dan warna tersendiri bagi suksesnya pelaksanaan Sidang yang penting dan Stretagis ini.

8. Kita berdoa bersama tentu agar pelaksanaan Sidang yang dilakukan selama satu hari penuh dapat berlangsung aman dan sukses dan kiranya melalui Sidang ini, diharapkan dapat diputuskan berbagai kebijakan bagi pelaksanaan Program Kerja GMIM dalam merespons dinamika lingkungan strategis yang berkembang saat ini dan bahkan dalam mengantisipasi kecenderungan kecenderungan Global yang pasti akan kita hadapi semua.

9. Selanjutnya, dilaporkan bahwa sumber dana dalam persidangan ini, selain memperoleh Bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Hibah Pemerintah Kabupaten Minahasa, tetapi juga tentu dukungan dan topangan dari seluruh Jemaat se GMIM. Demikian halnya, Persidangan ini telah mendapatkan izin dari Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Sulawesi Utara No.STTP/11/YAN.2.2/2021/Dit Intelkam tertanggal 24 Maret 2021 serta dukungan keamanan dari Polda Sulut bersama Polres Polres yang ada di tanah Minahasa.

Demikian laporan ini disampaikan, dan selanjutnya atas nama seluruh Panitia dan BPMS memohon kiranya Bapak Gubernur Sulawesi Utara dapat memberikan Sambutan, Arahan dan sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan Sidang Majelis Sinode Istimewa saaat ini. (cw-01)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru