29 C
Manado
Rabu, 25 November 2020

Over Kapasitas, Sampah di TPA Menggunung

MANADOPOST.ID— Sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo over kapasitas. Pantauan Manado Post, sampah di TPA sudah menggunung, bahkan sampai berserahkan di jalan dan mengeluarkan bau busuk sangat menyengat.

Apalagi jika turun hujan. Hal ini sangat mengganggu warga yang tinggal dekat dengan TPA. Karena di sekitar TPA sudah banyak rumah penduduk yang dibangun.

Operator alat berat TPA Lucky mengatakan, warga yang tinggal di sekitar sudah banyak yang mengeluh terkait bau sampah yang menyengat. “Tapi mau bagaimana lagi, kalau mau pindah tempat, kita harus lihat lingkungan terlebih terdahulu dan meminta izin warga setempat,” ujarnya.

Terlihat sampah-sampah di TPA sudah berserahkan sampai di jalan raya. “Sebenarnya sampah tidak sampai ke jalan, jika alat berat ada banyak. Karena alat berat tinggal satu saja yang bisa dipakai, jadi pekerjaan terhambat,” sebutnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Dinas Lingkungan Hidup Franky J. Porawouw mengatakan, untuk memperbaiki alat berat di TPA tinggal menunggu APBD Perubahan. Tapi APBD Pembahasan sudah tidak jadi dibahas, sehingga tinggal menunggu APBD 2021.

Menurut dia, Pemkot Manado merencanakan TPA Sumompo akan dipindahkan. “Direncanakan TPA akan dialihkan di Pandu sambil menunggu TPA regional di Ilo-ilo selesai dibangun,” ujarnya.

Menurut dia, akses jalan di TPA di Pandu akan dibangun terlebih dahulu. Kalau sudah siap baru akan dipindahkan. “TPA Sumompo direncanakan akan dijadikan ruang terbuka hijau oleh Pemkot Manado,” pungkasnya. (ite)

-

Artikel Terbaru

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo Ditangkap KPK

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango membenarkan pihaknya melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo.

AHY Hadiri Media Gathering, Lombok Dapat Ucapan Spesial

Ketua Umum Partai Demokrat Sulut Agus Harimurti Yudhoyono kunjungi Kota Manado.

Gokil! BLACKPINK Joget Ampun Bang Jago

Apa jadinya Jennie, Jisoo, Rose dan Lisa joget dengan lagu Ampun Bang Jago? Eits, bukan hoax! Aksi keempat member BLACKPINK tersebut benar nyata terjadi. Ini terlihat lewat potongan klip singkat yang diunggah di akun Instagram Tokopedia kemarin (24/11).

Bersama Mor-HJP, Bahagia Warga Manado

Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Nomor Urut 3 Mor Dominus Bastiaan-Hanny Jost Pajouw (Mor-HJP) berkomitmen menjadi orang yang paling melayani di Kota Doa dan Berkat.

Foto Simulasi Pencoblosan JPAR-Ai Sarat Rekayasa & Hoax

Wakil Ketua DPD Nasdem Kota Manado Arthur Rahasia secara tegas mengatakan, foto simulasi tatacara pencoblosan kertas suara yang dilakukan calon Wali Kota Manado Julyeta Paulina Amelia Runtuwene (JPAR) pada sesi closing statement acara debat publik yang dilaksanakan KPUD Kota Manado Selasa (24/11) malam yang beredar luas di publik adalah hoax dan sarat dengan rekayasa politik semata.